Euro 2016 - Slowakia tundukkan Rusia 2-1

id Liga Eropa

Euro 2016 - Slowakia tundukkan Rusia 2-1

Marek Hamsik (kiri) saat mencetak angka ke gawang Rusia diapit oleh Aleksandr Golovin (bawah) dan Oleg Shatov (kanan), di pertandingan fase grup Euro 2016 antara Rusia vs Slowakia pada 15 Juni 2016. (AFP PHOTO / DENIS CHARLET) (1)

Jakarta (ANTARA News) - Tim Nasional sepak bola Slowakia berhasil meraih poin penuh usai mengalahkan Rusia dengan skor 2-1 pada pertandingan kedua grup B Euro 2016 (Piala Eropa) di Stadion Stade Pierre-Mauroy, Prancis, Rabu.

Slowakia yang dikalahkan Wales pada pertandingan pertama berhasil menang lewat gol Vladimir Weiss dan Marek Hamsik pada paruh pertama.

Sedangkan Rusia yang bermain dalam ancaman hukuman UEFA menyusul kerusuhan suporter hanya mampu membalas satu gol dari Denis Glushakov.

Hasil ini membuat Slowakia untuk sementara naik ke posisi kedua dengan tiga poin, sementara Rusia tertahan di peringkat empan dengan satu poin.

Pada jalannya laga, skor kacamata akhirnya pecah pada menit memasuki menit 32 berkat duet apik Hamsik dan Weiss yang menusuk pertahanan Rusia.

Hamsik mengoper bola jauh kepada Weiss yang melepaskan sepakan yang tak mampu ditangkap Igor Akinfeev untuk mengatar Slowakia unggul 1-0.

Menjelang turun minum, lini pertahanan Rusia kembali terancam lewat aksi Marek Hamsik yang berkesempatan mencetak gol namun tendangannya meleset dari target.

Kesempatan untuk Hamsik akhirnya membuahkan hasil. Satu menit menjelang babak pertama usai, Hamsik menciptakan sebuah gol cantik dari jarak 18 meter yang meluncur ke tiang jauh gawang Rusia pada menit 45. Skor sementara 2-0 untuk Slowakia

Pada babak kedua , Slowakia memiliki sejumlah peluang salah satunya lewat aksi Juraj Kucka pada menit 54.

Sebaliknya, Rusia mulai mengancam dari aksi Shatov yang menusuk dari sisi sayap kemudian melepaskan tembakan yang belum akurat pada menit 58.

Glushakov akhirnya memecah kebuntuan Rusia untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 setelah menerima umpan Shatov pada menit 80. Skor 2-1 untuk kemenangan Slowakia bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Rusia (4-2-3-1): Igor Akinfeev, Igor Smolnikov, Sergei Ignashevich, Roman Neustädter, Aleksandr Kokorin, Fedor Smolov, Aleksandr Golovin, Vasili Berezutski, Oleg Shatov, Georgi Schennikov, Artem Dzyuba
Pelatih: Leonid Slutsky

Slowakia (4-3-3): Matúš Kozá?ik, Peter Pekarík, Martin Škrtel, Ján ?urica, Vladimír Weiss, Ondrej Duda, Tomáš Hubo?an, Marek Hamšík, Juraj Kucka, Róbert Mak, Viktor Pe?ovský
Pelatih: Jan Kozak

Editor: Ruslan Burhani
(*)