Kawasan Wisata Tanah Putih Ciwidey Bandung

id bandung kawah outih
Kawasan Wisata Tanah Putih Ciwidey Bandung
Kawasan wisata Kawah Putih, berupa danau kaldera yang berasal dari letusan gunung Patuha ini, terletak di daerah Ciwidey dan terkenal dengan air danaunya yang berwarna putih memukau.
...Pada awalnya Kawah Putih merupakan kawasan yang ditakuti dan dihindari banyak orang karena pernah didapati banyak burung yang meninggal saat melintas di atas kawah tersebut. Hal ini berlangsung hingga tahun 1937 , sampai seorang ilmuwan bernama Dr
Bandung memang merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang terkenal akan pesona wisatanya. Salah satu lokasi wisata yang terkenal dengan keindahan alamnya adalah Kawah Putih. Kawasan wisata berupa danau kaldera yang berasal dari letusan gunung Patuha ini, terletak di daerah Ciwidey dan terkenal dengan air danaunya yang berwarna putih memukau.

Pada awalnya Kawah Putih merupakan kawasan yang ditakuti dan dihindari banyak orang karena pernah didapati banyak burung yang meninggal saat melintas di atas kawah tersebut. Hal ini berlangsung hingga tahun 1937 , sampai seorang ilmuwan bernama Dr. Franz Wilhem J. datang dan meneliti kawasan ini.

Berkat penelitian beliau, akhirnya diketahui bahwa penyebab kematian para burung yang melintas di kawasan ini bukanlah akibat sesuatu yang angker melainkan akibat air belerang yang berasal dari kawah. Sejak saat itu mitos tentang keangkeran kawah putih mulai hilang, dan pada tahun 1987 Kawah Putih mulai dikembangkan sebagai lokasi wisata oleh pemerintah setempat.

Keindahan Kawah Putih memang tidak perlu diragukan lagi. Pemandangan air danau yang berwarna putih berkilat tertimpa cahaya matahari sangatlah cantik dan memukau. Hawa yang sejuk di sekitarnya juga semakin membuat nyaman para pengunjung. Mengingat keindahan kawasan ini, tidak heran jika tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi foto prewedding.

Untuk berlibur ke kawasan ini diperlukan persiapan khusus agar perjalanan wisata berjalan lancar dan menyenangkan. Di kawasan Kawah Putih sering terjadi hujan tiba-tiba pada siang hari, oleh karena itu Anda perlu berangkat pagi agar waktu Anda sampai di sana tidak berbarengan dengan waktu turun hujan.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda berangkat sekitar pukul 7 dari Bandung sehingga anda dapat mencapai puncak gunung Patuha kurang dari jam 9. Jam 9 merupakan periode kritis dimana sering muncul kabut tebal dan hujan deras yang mengguyur kawasan ini tiba-tiba.

Anda juga perlu memahami bahwa di kawasan ini terdapat dua jenis parkir yaitu parkir bawah dan parkir atas dengan nominal yang cukup berbeda. Jika Anda hanya berangkat sendiri atau berdua, lebih baik Anda tidak menggunakan mobil pribadi karena parkir atasnya mencapai harga Rp150.000,00. Pada kondisi ini lebih baik Anda menggunakan transportasi ontang-anting yang merupakan transportasi umum di kawasan kawah putih.

Saat berada di kawasan kawah putih, usahakan tidak terlalu lama. Jika anda mengalami gejala seperti pusing dan mual maka segeralah keluar dari kawasan tersebut. Hal tersebut merupakan sinyal tubuh bahwa belerang yang ada di kawasan tersebut terhirup cukup banyak ke dalam tubuh Anda.

Jika Anda berwisata ke Kawah Putih jangan lupa mampir ke Situ Patenggang dan kebun Stroberi untuk menikmati alam Bandung yang asri dan mempesona. Untuk menikmati keseluruhan pesona alam di Bandung tidak akan cukup jika dilakukan dalam waktu satu hari, maka sebaiknya Anda menginap dan mencari hotel murah yang nyaman di kawasan ini. Salah satu cara mudah mendapatkan hotel murah di Kota Bandung yaitu dengan mengakses www.airyrooms.com atau download aplikasinya di Play Store/App Store.

Situs ini menawarkan hotel murah dengan jaminan kualitas pelayanan yang maksimal. Hotel yang berada di dalam jaringan Airy Rooms dijamin memiliki kamar yang bersih dan nyaman. Selain itu setiap kamar dilengkapi AC, water heater, gratis Wifi dan gratis air mineral. Selamat jalan-jalan di Bandung dan jangan lupa pesan Airy Rooms terlebih dahulu sebelum beran/ (*)   

Editor: Masnun

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga