Rabu, 23 Agustus 2017

SERUNYA WISATA JELAJAH BROMO DAN GUNUNG BATUR DENGAN KAWASAKI VERSYS-X 250

id Motor Kawasaki
SERUNYA WISATA JELAJAH BROMO DAN GUNUNG BATUR DENGAN KAWASAKI VERSYS-X 250
Para rider Kawasaki VersysX 250 menyusuri Taman Nasional Bali Barat menuju Kintamani, Gunung Batur. (ist)
     Surabaya (Antara NTB) - Tegang ... mungkin itu lah yang dirasakan sebagian peserta VersysX 250 - Xventure Ride ketika memulai perjalanan dari Surapita Unitrans Jemursari, Markas Kawasaki di Kota Surabaya, Jawa Timur.
     Sebanyak 50 peserta berasal dari Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Ada dari unsur jurnalis, blooger dan vlogger. Sebagian sudah terbiasa ikut touring jarak jauh. Ada juga yang baru pertama kali. Apalagi menunggang jenis motor gede (moge).
     Perjalanan dimulai Jumat (24/2) pukul 06.00 WIB. Satu per satu peserta keluar dari area Surapita Unitrans Jemursari sambil menggeber suara knalpot Kawasaki Versys-X 250.
     Iring-iringan peserta membuat suasana riuh di tengah Kota Surabaya yang begitu padat kendaraan bermotor pagi itu.
     Nyali pun mulai diuji. Peserta dituntut untuk mampu mengendalikan keseimbangan kuda besi tunggangannya dalam kecepatan yang relatif tinggi di tengah keramaian Kota Pahlawan.
     Ketangguhan peserta touring kembali diuji ketika memasuki Penanjakan, Gunung Bromo. Jalan menanjak dan berliku di atas perbukitan menjadi tantangan yang menguras tenaga.
     Turunan yang begitu curam mendekati pintu masuk Gunung Bromo, juga begitu menguji keberanian dan kehandalan berkendara.
     "Luar biasa medan yang kita lalui. Tanjakan dan turunan berliku menuju Bromo, cukup ekstrem. Itu jauh lebih menantang di banding yang ada di Sembalun, kaki Gunung Rinjani, Lombok," kata Lukman, salah seorang peserta touring dari Lombok.
     Namun semua tantangan ekstrem itu seakan terobati ketika semua peserta tiba dengan selamat di padang pasir Gunung Bromo.
     Satu per satu peserta langsung ambil gaya ... berpose dengan latar puncak Bromo. Tak ketinggalan Kawasaki Versys-X 250 berdiri tegap sebagai pajangan berselfi ria.
     Tak berselang lama ... perjalanan dilanjutkan. Kali ini, peserta harus melewati gurun pasir dengan jarak tempuh sekitar 10 kilometer. Para penunggang besi ada yang menggeber laju motornya dengan kecepatan tinggi, meskipun medan berpasir. Ada juga yang cukup berhati-hati karena belum terbiasa.
     Ketegangan melewati gurun pasir pun mulai reda setelah sampai di bukit Teletubbies, atau padang savana dengan keindahan panorama alam perbukitan hijau.
     Satu per satu peserta kembali mengambil gaya berpose ria. Bahkan, ada juga yang mengambil kesempatan berpose ria bersama artis Edy Brokoli, yang ikut dalam Kawasaki VersysX 250 - Xventure Ride.
     Suasana Bromo di siang hari yang cukup dingin seakan melepas lelah. Suguhan kuliner bakso ala Gunung Bromo, juga mampu mengembalikan tenaga puluhan rider tangguh yang melakukan perjalanan sekitar lima jam dari Kota Surabaya.
     Setelah melepas lelah sekitar dua jam, perjalanan pun kembali dilanjutkan dengan menyusuri medan padang pasir. Fenomena badai debu di tengah gurun pun menjadi pengalaman berharga bagi para rider, yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Gunung Bromo.
     Setelah keluar dari kawasan Gunung Bromo, para rider Kawasaki menyusuri jalan raya beraspal. Kali ini tidak begitu ekstrem seperti jalur Penanjakan.
     Puluhan rider yang dikawal patroli pengawal (patwal) kemudian melanjutkan perjalanan menuju Banyuwangi melewati Situbondo, Jawa Timur.
     Sepanjang perjalanan, berbagai tantangan kembali disuguhkan. Para peserta touring dituntut fokus karena harus melalui jalur padat kendaraan berbadan besar.
     Semua rute akhirnya berhasil dilalui dengan selamat. Para rider Kawasaki tiba di Banyuwangi sekitar pukul 19.00 WIB, setelah menempuh perjalanan sekitar tujuh jam.
     "Luar biasa ... benar-benar membutuhkan pikiran dan harus fokus. Ini pengalaman touring yang mengesankan," tutur Bulkaino, peserta dari Lombok yang mengaku baru pertama kali ikut touring di luar NTB.
     
                                               Beraksi ala motoGP   

     Sabtu (25/2) pagi, para rider Kawasaki mulai bersiap menuju Pelabuhan Ketapang. Sebelum berangkat, tak lupa memohon doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan keselamatan dalam perjalanan menjelajah Pulau Dewata Bali.
     Dari Pelabuhan Ketapang, para rider berlayar menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali.
     Tiba di Pelabuhan Gili Manuk, para rider kemudian bergerak menuju Singaraja Bali. iring-iringan penunggang VersysX 250 dikawal patwal melaju membentuk barisan memanjang sekitar 500 meter.
     Para fotografer profesional pun mengabadikan momen-momen indah di sepanjang perjalanan menyusuri kawasan Taman Nasional Bali Barat.
     Taman Nasional Bali Barat adalah hamparan taman yang cukup luas di areal jalan raya Denpasar-Singaraja-Gilimanuk.
     Keluar dari jalanan yang sekitarnya di penuhi pepohonan, para rider kembali menguji nyali di tengah kepadatan Kota Singaraja. Maklum, daerah itu merupakan salah satu kawasan wisata yang banyak dikunjungi turis mancanegara dan nusantara.
     Kelelahan dan ketegangan pun sedikit menghilang setelah menikmati suguhan minuman segar dan segelas kopi hangat di Duta Intika Singaraja, markas Kawasaki di Bali.
     Dua jam beristirahat, perjalanan kembali dilanjutkan menuju Kintamani, Gunung Batur, di Kabupaten Bangli.
     Iring-iringan para rider membentuk barisan seperti ular memanjang dengan corak warna merah dan hijau, sesuai warna motor tunggangannya.
     Kali ini, medan jalan yang dilalui tidak se ekstrem menuju Gunung Bromo. Namun jalan mulus dan berliku sehingga para rider begitu nyaman mengendalikan tunggangannya.
     Ada yang berbelok-belok dengan kecepatan cukup menantang di tikungan ala pebalap motoGP. Cukup mengasyikkan, ditambah kondisi cuaca yang begitu sejuk karena sepanjang pinggir jalan dipenuhi kehijauan pepohonan.
     Setelah menempuh perjalanan sekitar dua jam dari Singaraja, para rider tiba di Puncak Sari Restoran.
     Berbagai jenis kuliner Indonesia telah disiapkan. Suasana makan siang pun terasa lengkap dengan panorama puncak Gunung Batur yang begitu gagah menjulang.
     Tak lupa, para rider beraksi selfi. Mereka menyempatkan diri mengabadikan gambarnya dengan latar belakang gugusan Gunung Batur dan black lava yang membentang.
     Usai melepas penat dan lelah, sebagian rider kawasaki melanjutkan perjalanan menuju black lava Gunung Batur. Di medan tanah berpasir itu, mereka menguji ketangguhan VersysX 250. Semua begitu menikmati tanpa ada yang cedera.
     Dua hari menjelajah Gunung Bromo nan indah dan Kintamani yang eksotis, memberikan pengalaman yang begitu berharga. Apalagi dengan jenis moge sekelas Kawasaki VersysX 250.
     Tagline "ANY ROAD, ANY TIME !!" atau kapan saja dan di mana saja memang layak disematkan pada Kawasaki Versys X-250 berkapasitas mesin 249 CC yang begitu tangguh di segala medan.

                                         Orang Pertama

     Presiden Direktrur Surapita Unitrans dan Duta Intika Kawasaki, Jurgen Limbunan, menyampaikan penghargaan kepada rider yang telah mengikuti Xventure Ride dari Surabaya, Jawa Timur, hingga Bali, selama dua hari penuh.
     Sebanyak 50 rider yang menjadi peserta merupakan orang-orang Indonesia yang pertama kali mendapatkan kesempatan membuktikan ketangguhan dan performa Kawasaki Versys-X 250.
     "Saya tidak melihat jumlah pesertanya, tapi skala yang ikut adalah orang-orang yang spesial," ujarnya.
     Kawasaki Versys-X  250 dengan tagline "ANY ROAD, ANY TIME !!" adalah model adventure yang diciptakan untuk segala kondisi.
     Kawasaki Versys-X 250 menjadi terobosan besar bagi Indonesia dalam memenuhi kebutuhan berkendara rider yang suka berpetualang dan menaklukan tantangan jalanan  yang beraspal maupun tidak beraspal dan berbatu. Sekali lagi Kawasaki menjadi pionir di kelas 250cc touring adventure di Indonesia.
     Kawasaki Versys-X 250 tersedia dalam 2 versi, yaitu untuk daily use (City Version) dan untuk touring (tourer) yang dilengkapi dengan panniers, fog lamp, engine guard, dan DC Socket. Motor ini dirancang agar pengendara dapat menempuh perjalanan jarak jauh dengan nyaman, baik mengendarai sendiri atau dengan pasangan.     
     Kawasaki Versys-X 250 tersedia dalam 2 warna, yaitu Candy Lime Green dan Metallic Graphite Grey, dengan harga OTR Mataram Rp 69.080.000. Sedangkan untuk tipe Versys-X 250 Tourer tersedia dalam warna Candy Lime Green dan Candy Burnt Orange dengan harga OTR Mataram Rp77.790.000. (*)

Editor: Awaludin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga