DLH Mataram mengajukan pengadaan mesin penyapu jalan

id DLH,mataram,mesin

DLH Mataram mengajukan pengadaan mesin penyapu jalan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram M Nazaruddin Fikri. (Foto: ANTARA News/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mengajukan pengadaan mesin penyapu jalan otomatis ke Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat untuk membantu kerja buruh sapu jalan.

"Mesin penyapu jalan otomatis yang kami usulkan berukuran sedang, dan harapan kita Bappeda dapat mengakomodasi karena mesin tersebut sangat kita butuhkan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram M Nazaruddin Fikri di Mataram, Senin.

Selain mengangkat sampah, sambungnya, mesin penyapu otomatis tersebut juga bisa mengangkat sedimen sehingga tanah dan pasir yang berada di samping trotoar bisa terangkat.

Bahkan, sedimen dan gulma yang ada di drainase juga bisa terangkat sehingga akses ke lubang drainase menuju hulu bisa lebih lancar.

"Mesin ini juga bisa digunakan ketika kita kedatangan tamu VVIP, penyapu jalan otomatis bisa bekerja cepat menyedot sampah sehingga jalan bisa bersih dalam waktu singkat," katanya.

Mesin penyapu jalan ini, dinilai efektif karena beberapa daerah seperti di Jakarta dan Bogor sudah menggunakan alat tersebut dan hasilnya cukup bagus.

"Jika terealisasi, mesin penyapu otomatis itu akan digunakan untuk jalan-jalan utama untuk membantu petugas kebersihan yang bekerja hingga pukul 09.00 Wita, setiap harinya," kata Fikri.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Kota Mataram, sebelumnya, menyebutkan, kebutuhan anggaran untuk membeli mesin penyapu jalan itu sekitar Rp1,2 miliar.

Pengadaan mesin penyapu jalan tersebut dinilai sudah mendesak karena petugas penyapu jalan yang ada saat ini hanya menyapu sampah saja, sementara pasir-pasir di jalan masih tertinggal.

Keberadaan pasir di jalanan juga memberikan kesan kurang bersih, selain itu dapat berbahaya bagi pengendara yang melintas. Karena itulah, mesin menyapu jalan ini dinilai penting.

"Mesin itu nantinya akan bekerja setiap hari menyapu sejumlah ruas jalan terutama jalan protokol, setelah petugas penyapu jalan selesai bekerja," katanya.

Karena itu, katanya, meskipun ada mesin penyapu jalan namun penambahan tenaga penyapu jalan di Kota Mataram masih dibutuhkan, sebab jumlah ruas jalan dengan petugas yang ada belum ideal.