Pemkot Mataram menyiapkan rumah singgah tenaga medis COVID-19

id Pemkot Mataram siapkan rumah singgah,rumah singgah tenaga medis COVID-19,tenaga medis COVID-19

Pemkot Mataram menyiapkan rumah singgah tenaga medis COVID-19

Direktur RSUD Kota Mataram dr HL Heman Mahaputra. (Foto:ANTARA News/Ist)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, segera menyiapkan rumah singgah untuk tenaga medis yang menangani pasien Corona Virus Disease (COVID-19), sebagai langkah antisipasi adanya penolakan di lingkungan masing-masing seperti yang terjadi di daerah lain.

Anggota Tim Satuan Gugus Tugas COVID-19 Kota Mataram yang juga Direktur RSUD dr HL Heman Mahaputra, Senin, mengatakan, sejauh ini penolakan terhadap tenaga medis yang telah menangani pasien corona belum ada, tapi perlu diantisipasi.

"Keberadaan rumah singgah itu juga sesuai dengan surat edaran dari Menteri Dalam Negeri, dengan menggunakan fasilitas pemerintah," katanya di Mataram.

Dokter Jack begitu Direktur RSUD Kota Mataram ini akrab disapa, mengatakan, para tenaga medis ini bukan berstatus orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP).

"Penyiapan fasilitas rumah singgah untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi petugas medis dalam beristirahat setelah bertugas," katanya.

Terkait dengan hal itu, pemerintah kota telah mendapatkan tawaran untuk menggunakan Kantor BP-PAUD Nusa Tenggara Barat, yang berada di Jalan Gajahmada, Kelurahan Jempong.

Menurut Dokter Jack, gedung BP-PAUD tersebut sangat layak sekali, karena meliliki bangunan yang luas, serta fasilitasnya memadai untuk menampung sekitar 100 petugas dari RSUD Kota Mataram yang bekerja dengan sistem bergantian.

"Bahkan, dalam rapat terbatas tadi kami minta agar BP-PAUD bisa menjadi posko kesehatan sebab ada ruang meeting, sehingga kita bisa hindari pertemuan di RS," ujarnya

Sementara, untuk transportasi dan akomodasi serta kebutuhan lainnya bagi tenaga medis di rumah singgah akan disiapkan oleh pihak RSUD Kota Mataram.

"Kami akan siapkan makan minum, transportasi antar-jemput, bahkan untuk urusan laundry mereka kita tangani," ujarnya.