Cegah COVID-19, 30 pedagang Pasar Renteng Lombok Tengah jalani Rapid Test

id COVID-19,Rapid Test,Loteng

Cegah COVID-19, 30 pedagang Pasar Renteng Lombok Tengah jalani Rapid Test

Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lombok Tengah melakukan rapid test terhadap puluhan pedagang di Pasar Renteng, Kecamatan Praya, Jumat (17/7).

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lombok Tengah melakukan rapid test terhadap puluhan pedagang di Pasar Renteng, Kecamatan Praya, Jumat (17/7).

Kegiatan yang dipantau langsung oleh Kapolres Lombok Tengah, AKBP Esty Setyo Nugroho dan Dandim 1620 Lombok Tv, Letnan Kolonel Inf CZi Prastiwanto itu dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Hari ini sebanyak 30 pedagang di pasar Renteng secara acak jalani rapid test," AKBP, Esty di sela-sela kegiatan.

Pengambilan sampel rapid tes secara random bagi pedagang ini di bagi dua yakni pedagang dari Lombok Barat dan Kota Mataram, karena dua daerah itu masih dalam zona merah covid-19.

"Ini pedagang yang menetap, baru sisanya pedagang dari Lombok Tengah," ujarnya.

Dijelaskan, kegiatan rapid tes ini akan dilaksanakan di semua pasar di 12 Kecamatan di Lombok Tengah secara acak, untuk mengambil sampel. Kalau ada yang reaktif dan hasil swab positif akan diisolasi serta dilakukan penyemprotan disinfektan.

"Kita akan melakukan penutupan untuk memastikan pasar itu steril," ujarnya.

Dikatakan, penerapan protokol covid di pasar telah dilakukan sejak dua Minggu lalu, sehingga masyarakat yang masuk pasar wajib pakai masker dan patuhi protokol covid.

"Kalau tidak pakai masker, tidak boleh masuk," katanya.