Pemkot Mataram mengevaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi dan SAKIP

id pemkot mataram, rb,sakip

Pemkot Mataram mengevaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi dan SAKIP

Rapat evaluasi Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram H Effendi Eko Saswito. (Foto: ANTARA/HO.Kominfo)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, melakukan rapat evaluasi terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi (RB) dan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) dalam rangka tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik.

Rapat evaluasi RB dan SAKIP yang diikuti pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) se-Kota Mataram itu dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram H Effendi Eko Saswito di Mataram, Jumat.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda mengatakan evaluasi ini dilakukan untuk persiapan evaluasi perkembangan pelaksanaan serta memberikan perbaikan RB dan SAKIP untuk mewujudkan pemerintahan yang profesional dan berintegritas tinggi serta mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan manajemen pemerintahan yang demokratis.

"Poin penting pembahasan rapat adalah evaluasi capaian RB dan SAKIP Kota Mataram tahun 2018 dan rencana tindak lanjut untuk mencapai nilai optimal pada pelaksanaan evaluasi RB dan SAKIP Kota Mataram tahun 2019," katanya.

Ia mengatakan, secara umum kategori capaian RB dan SAKIP Kota Mataram tahun 2019, yaitu nilai capaian RB 62,27 kategori B dengan nilai ideal 60-70 dapat mencapai BB dengan nilai >70-80.

"Sementara untuk nilai capaian SAKIP 65,05 kategori B dapat naik 1,01 poin dari tahun 2018 dengan capaian BB dengan nilai >70-80," katanya.

Sekda mengatakan RB dan SAKIP bukanlah menjadi kewajiban bagi perangkat daerah dan pemerintah Kota Mataram, namun RB dan SAKIP ini sebagai kebutuhan dalam upaya perangkat daerah dan Pemerintah Kota Mataram dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Mataram.

Terkait dengan itu, Sekda berharap Pemerintah Kota Mataram dapat mempertahankan nilai RB dan SAKIP pada pelaksanaan evaluasi RB dan SAKIP Kota Mataram 2019.

"Kalau hasil penilaian ini dapat kita pertahankan, Insya Allah peringkat kita naik," katanya.