ARTIS ELIZABETH TAYLOR MENINGGAL DUNIA

id

London (ANTARA) - Elizabeth Taylor, aktris yang dua kali meraih Oscar dan salah satu bintang paling gemerlap di Hollywood, meninggal pada Rabu, dalam usia 79 tahun, dan berikut ini adalah reaksi atas kematian aktris tersebut.

Elizabeth telah tampil di sebanyak 55 film dan enam film televisi dan menikah delapan kali. Pada masa akhir hidupnya, ia mengumpulkan dana buat penelitian AIDS.

Sutradara Mike Nichols mengatakan, "Pesona Elizabeth bukan cuma kecantikannya. Ada yang lain, yaitu ketulusannya, tawanya, vitalitasnya --baik dalam menangani adegan rumit di film atau tempat makan malam sampai fajar."

"Ia juga menonjol dan tak terhapuskan di film dan hati kami," kata Mike Nichols seperti dilaporkan Reuters.

Mantan suaminya dan mantan senator AS John Warner mengatakan, "Kami selalu jadi teman sampai akhir hayat."

"Aku akan mengingat dia sebagai perempuan yang jiwa dan hatinya secantik mata indah dan wajah klasiknya," kata John Warner.

Aktris Debbie Reynolds mengatakan, "Itu adalah karir produktif yang panjang dan ia itu bintang yang paling gemerlap dan seksual dari generasi kami. Tak seorang pun dapat menyamai seksualitas dan kecantikan Elizabeth. Perempuan menyukai dia dan pria menyayangi dia, dan cintanya buat anak-anaknya kekal. Ia adalah lambang bintang. Warisannya akan ada selamanya."

Aktris/penyanyi Barbra Streisand mengatakan, "Bukan cuma kecantikannya atau ketenarannya, tapi sifat kemanusiaannya. Ia menghadapi HIV/AIDS. Ia lucu. Ia tulus. Ia membuat hidupnya berarti."

Bill dan Hillary Clinton mengatakan, "Elizabeth menjadi hak milik penuh Amerika. Selama lebih dari satu generasi, ia menghidupkan tokoh yang tak terlupakan di film, dan upayanya yang tak kenal lelah untuk memerangi AIDS membawa harapan buat jutaan orang di seluruh dunia."

Penyanyi Elton John mengatakan, "Kita baru saja kehilangan raksasa Hollywood; yang lebih penting lagi, kita telah kehilangan manusia yang luar biasa."

Aktor Michael Caine mengatakan, "Sungguh sedih mendengar kabar tentang temanku yang cantik Elizabeth Taylor, ia adalah manusia yang besar."

Penyanyi Angela Lansbury mengatakan, "Elizabeth dan aku memulai karir kami sekitar saat yang sama di MGM. Sepanjang hidupnya yang kacau, ia akan dikenang karena pekerjaannya yang unik dan tak terlupakan."

Aktor Mickey Rooney mengatakan, "Kehilangan kita di bisnis film dengan meninggalnya Elizabeth Taylor sangat besar. Ia adalah perempuan yang menyerahkan dirinya buat setiap orang. Aku tahu aku menganggapnya kehilangan pribadi yang besar."

La Toya Jackson mengatakan, "Ia adalah teman yang luar biasa buat saudaraku, di sisinya sepanjang masa paling sulitnya dan tentu saja dicintai oleh anak-anaknya dan keluarga kami. Elizabeth akan hidup di hati kami selamanya, doa kami menyertai keluarganya."

Bintang pop Madonna mengatakan, "Aku mengagumi dan menghormati dia bukan hanya sebagai aktris tapi untuk pekerjaannya yang memberi inspirasi dan mengagumkan sebagai pegiat AIDS. Ia salah satu dari jenisnya."

Penyanyi George Michael mengatakan, "Ia dua adalah satu-satunya orang yang pernah aku temui yang memiliki mata violet. Kedua matanya asli berwarna violet. Indah sekali." (*)