Jasa Raharja NTB menggencarkan sosialisasi di kawasan wisata bahari

id Jasa Raharja NTB,Kawasan Wisata Bahari,Pantai Tanjung Aan

Jasa Raharja NTB menggencarkan sosialisasi di kawasan wisata bahari

Kepala Unit Operasional dan Humas Jasa Raharja NTB Wahyu Pria Wibowo (kiri), menyerahkan bantuan kepada perwakilan perkumpulan perahu wisata di Pantai Tanjung Aan, Kabupaten Lombok Tengah, Jumat (2/7/2021). ANTARA/HO-Jasa Raharja)

Mataram (ANTARA) - PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Nusa Tenggara Barat menggencarkan sosialisasi peran dan fungsinya dalam memberikan perlindungan bagi pengguna transportasi, termasuk penumpang perahu wisata, yang banyak beroperasi di kawasan pariwisata bahari.

"Meskipun masih dalam situasi pandemi COVID-19, kami tetap memanfatkan untuk edukasi, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Kepala Unit Operasional dan Humas Jasa Raharja NTB Wahyu Pria Wibowo, di Mataram, Kamis.

Ia mengatakan pihaknya sudah berkeliling ke beberapa pelabuhan yang banyak dimanfaatkan oleh pemilik kapal cepat dan perahu wisata yang melayani rute pulau-pulau kecil, seperti di Pelabuhan Bangsal, dan Teluk Nare, di Kabupaten Lombok Utara.

Para operator kapal cepat dan perahu wisata di kawasan tersebut sudah ikut bergabung dengan Jasa Raharja NTB untuk memberikan perlindungan bagi penumpangnya jika terjadi insiden saat dalam pelayaran.

"Ada juga operator dan pemilik perahu yang belum bergabung, tapi kami sudah memberikan edukasi tentang peran dan fungsi Jasa Raharja," ujarnya.

Wahyu menambahkan perkumpulan perahu wisata di kawasan Pantai Tanjung Aan, Kabupaten Lombok Tengah, juga sudah ikut bergabung dengan Jasa Raharja.

Pihaknya sudah menandatangani dokumen kerja sama pada 2 Juli 2021. Kerja sama dilakukan untuk melindungi seluruh penumpang perahu wisata di Pantai Tanjung Aan.

Ia mengatakan pelaku usaha jasa transportasi wisata di Tanjung Aan menjadi sasaran untuk diedukasi karena lokasi kawasan tersebut berdekatan dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Ke depannya di wilayah Pantai Tanjung Aan pasti akan ramai pengunjung, melihat kawasan tersebut dekat dengan KEK Mandalika, khususnya sirkuit MotoGP Mandalika," ucapnya.

Meskipun sudah menjalin kerja sama, kata dia, kedua pihak tentu tidak mengharapkan terjadinya musibah ketika dalam pelayaran. Namun kehadiran Jasa Raharja sangat penting dalam memberikan perlindungan bagi setiap penumpang kapal.

"Kehadiran Jasa Raharja juga bisa meringankan beban pemilik kapal penyeberangan dari kewajiban memberikan santunan kepada keluarga penumpang yang menjadi korban meninggal dunia akibat kecelakaan pelayaran," kata Wahyu.

Selain penandatanganan perjanjian kerja sama, Jasa Raharja NTB juga memberikan bantuan kepada perkumpulan perahu wisata, berupa sejumlah alat pelindung bagi penumpang kapal penyeberangan, seperti pelampung dan jaket keselamatan untuk memaksimalkan perlindungan.

Setelah Pantai Tanjung Aan, Jasa Raharja NTB berencana melanjutkan sosialisasi kepada pelaku usaha jasa transportasi perahu wisata di kawasan wisata Pantai Pink, Kabupaten Lombok Timur, dan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, serta beberapa tempat wisata bahari lainnya di NTB.