Pemkot stop sementara galian pipa PDAM di KBC Mataram

id pdam,mataram,galian

Pemkot stop sementara galian pipa PDAM di KBC Mataram

Aktivitas galian untuk peremajaan pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Menang, di Kawasan Bisnis Cakranegara (KBC) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jumat (24/9/2021) disetop sementara. (FOTO ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyetop sementara aktivitas galian untuk peremajaan pipa milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Menang, di Kawasan Bisnis Cakranegara (KBC) untuk dilakukan rekondisi terhadap trotoar dan fasilitas lainnya yang rusak terhadap kegiatan tersebut.

"Solusinya, kami meminta pihak PDAM menghentikan sementara kegiatan galian kemudian melakukan rekondisi terhadap trotoar dan fasilitas lainnya yang terdampak galian tersebut," kata Sekda Kota Mataram H Effendi Eko Saswito di Mataram, Jumat, usai melakukan penandatangan kesepakatan dengan Dirut PDAM Giri Menang H Lalu Ahmad Zaini, terkait peremajaan pipa jaringan yang dinilai merusak fasilitas KBC yang telah ditata dan menghabiskan anggaran miliran.

Terkait dengan itu, lanjut Sekda, terhadap penyetopan sementara itu, pihak PDAM dapat menyetujuinya dan telah menandatangani surat perjanjian. Setelah pihak PDAM melakukan rekondisi, kegiatan galian peremajaan pipa bisa dilanjutkan kembali.

"Hanya saja galian dilakukan pada bagian pinggir badan jalan, agar tidak merusak trotoar yang telah ditata sedemikian rupa," katanya.

Sekda berharap ke depan ketika ada kegiatan serupa, pihak PDAM dapat melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Mataram, sebab trotoar itu merupakan aset yang telah diserahkan ke Pemerintah Kota Mataram.

"Untuk melaksanakan galian, PDAM memang sudah mendapat izin dari Pemerintah Provinsi, akan tetapi pihak provinsi dan PDAM tidak pernah berkoordinasi dengan kita," ujarnya.

Sementara Dirut PDAM Giri Menang H Lalu Ahmad Zaini yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya berkomitmen melakukan rekondisi terhadap galian yang berdampak pada kerusakan trotoar itu.

"Kami segera melakukan rekondisi. Jadi apapun yang rusak akan dikembalikan seperti semula agar kegiatan galian bisa segera dilanjutkan," katanya.

Dikatakan, peremajaan pipa ditargetkan rampung pada bulan November 2021 atau sebelum pelaksanana WSBK (word superbike) yang akan berlangsung 12-14 November 2021 di sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

Menurutnya, kegiatan peremajaan pipa saluran air tersebut dimaksudkan untuk mencegah terjadinya pembongkaran di tengah jalan akibat kerusakan, sehingga kota bisa lebih indah setelahnya.

"Kegiatan penggantian pipa direncanakan mulai dari Jalan Selaparang Cakranegara, sampai ke 'Jebak Belek' Jalan Langko,"  demikian Lalu Ahmad Zaini.