Polres Lombok Utara memperketat pengawasan perbatasan cegah penularan PMK

id pengawasan pmk,pengawasan perbatasan,skkh,surat keterangan kesehatan hewan

Polres Lombok Utara memperketat pengawasan perbatasan cegah penularan PMK

Petugas melakukan tugas pengawasan terhadap kendaraan angkut ternak guna mencegah penularan dan penyebaran PMK di kawasan perbatasan wilayah di Hutan Pusuk, NTB, Kamis (7/7/2022). ANTARA/HO-Polres Lombok Utara.

Mataram (ANTARA) - Petugas Kepolisian Resor Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat memperketat pengawasan di titik perbatasan wilayah guna mencegah penyebaran dan penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak.

Kapolres Lombok Utara Ajun Komisaris Besar Polisi I Wayan Sudarmanta di Gangga, Kamis, mengatakan kegiatan pengawasan ini dilaksanakan pihaknya bersama aparat gabungan lain, baik dengan TNI maupun pemerintah.

"Pengawasan kami laksanakan di tiga titik kawasan perbatasan wilayah. Itu di Hutan Pusuk, jalur pesisir pantai di wilayah Klui, dan perbatasan dengan Lombok Timur, di Sambik Elen," katanya.

Sasaran pengawasan, jelasnya, kendaraan angkut ternak. Petugas gabungan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh pergerakan ternak, baik yang pergi masuk wilayah atau pun sebaliknya.

"Yang diperiksa itu SKKH (surat keterangan kesehatan hewan), ada atau tidak. Kalau tidak ada, diarahkan putar balik. Kalau yang belum vaksin, akan dikasih vaksin," ujar dia.

Selain memperketat pengawasan di kawasan perbatasan wilayah, upaya pencegahan PMK juga diperkuat dengan giat patroli terpadu. Petugas gabungan secara rutin mengecek dan memberikan edukasi perihal PMK.