Pemkab Kupang alokasikan Rp7,8 miliar pengadaan sarana perikanan

id NTT,alat penangkapan ikan,bantuan kapal ikan

Pemkab Kupang alokasikan Rp7,8 miliar pengadaan sarana perikanan

Bupati Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Korinus Masneno (ketiga dari kiri) saat menyerahkan bantuan sarana penangkapan ikan bagi para nelayan, beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Prokompim Setda Kabupaten Kupang)

Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur mengalokasikan anggaran sebesar Rp7,8 miliar untuk pengadaan bantuan fasilitas penangkapan ikan bagi para nelayan setempat.

"Kabupaten Kupang memiliki potensi hasil laut yang sangat melimpah sehingga untuk lebih mengoptimalkan potensi yang ada maka pemerintah memberikan bantuan sarana dan prasarana pendukung bagi masyarakat nelayan berupa bantuan kapal penangkapan ikan dan alat mancing sehingga ekonomi masyarakat nelayan menjadi lebih baik," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kupang Jakson Baook di Kupang, Senin.

Ia mengatakan dana Rp7,8 miliar digunakan untuk pengadaan sarana dan prasarana kelautan perikanan di antaranya pengadaan kapal di bawah 5GT lima paket, sarana prasarana keselamatan pelayaran 400 unit, sarana penangkapan ikan 40 paket.

Pemkab Kupang juga melakukan pengadaan alat tangkap ramah lingkungan sebanyak 467 unit, mesin kapal di bawah 5GT 21 paket, perahu ketinting 12 unit, rumah pemancingan ikan satu paket.

Selain itu, dilakukan pengadaan bibit ikan lele lahan kering, sarana ikan lele lahan kering, pengadaan bibit rumput laut, sarana budi daya rumput laut, pembangunan unit pembenihan rakyat (UPR) sarana budi daya Ikan air tawar, sarana pakan mandiri, rehabilitasi unit pengolah ikan dua unit, dan pembangunan rumah pengering ikan.

Baca juga: Nelayan hilang di perairan Lombok Utara, Tim SAR hentikan pencarian
Baca juga: Tim SAR melakukan pencarian nelayan hilang di Lombok Utara


"Bantuan yang diberikan itu termasuk paket bantuan yang sangat lengkap sesuai kebutuhan para nelayan dalam usaha perikanan. Kami berharap bantuan yang diberikan itu dapat digunakan secara baik untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi para nelayan," kata Jakson Baook.

Ia berharap, bantuan yang diberikan itu dapat meningkatkan hasil produksi tangkapan yang dilakukan para nelayan di Kabupaten Kupang.