Kominfo mengembangkan ekosistem smart UMKM di Lombok Tengah

id UMKM,Digitalisasi ,Lombok Tengah

Kominfo mengembangkan ekosistem smart UMKM di Lombok Tengah

Wakil Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, HM Nursiah (tengah) saat acara pelatihan dan pengukuhan penggerak ekosistem digital smart UMKM di Praya, Rabu (30/11/2022) (ANTARA/Humas Pemkab Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menggelar pelatihan bagi para Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka mengembangkan penggerak ekonomi smart UMKM di daerah setempat.

"Wirausahawan yang dilatih ini diharapkan menjadi penggerak UMKM digital di Lombok Tengah khususnya," kata Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya, Eka Handayani usai acara pelatihan dan pengukuhan penggerak ekosistem digital di Hotel Ilira Praya, Rabu.

Ia mengatakan, tugas para penggerak ekosistem digital ini diharapkan bisa membangun smart UMKM menuju smart ekonomi di Lombok Tengah. Mereka yang dipilih ini merupakan yang terbaik dari para pelaku UMKM lainnya, sehingga bisa menjadi motivasi UMKM lainnya.

"Mereka bisa memberikan dampak positif bagi UMKM lainnya," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini diharapkan juga bisa meningkatkan kolaborasi antara wirausahawan yang satu dengan lainnya. Produk dari UMKM itu bisa dipromosikan lewat platform digital, sehingga mereka juga bisa jadi reseller dari produk UMKM tersebut.

"Mereka kita latih supaya bisa memanfaatkan digitalisasi dalam mendukung pertumbuhan UMKM," katanya.

Wakil Bupati Lombok Tengah, HM Nursiah menyampaikan aspirasi atas dukungan dari Kominfo dan diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Kegiatan ini dapat mendukung percepatan ekonomi masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, sumber daya manusia di Lombok Tengah cukup baik dan potensi yang ada juga cukup banyak, sehingga dibutuhkan pengembangan dan peningkatan SDM melalui sistem digitalisasi. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi motivasi para UMKM lainnya untuk terus memanfaatkan teknologi digital dalam menjual produk mereka.

"Potensi di Lombok Tengah cukup banyak yang bisa dimanfaatkan untuk kemajuan UMKM. Bandara dan KEK ada di Lombok Tengah," katanya.