Sirkuit Mandalika akan gelar balap mobil GT

id Sirkuit Mandalika balap mobil GT,mobil GT,GT,MotoGP,Mandalika

Sirkuit Mandalika akan gelar balap mobil GT

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo dalam peluncuran Bangga Berwisata di Indonesia di Jakarta, Selasa (13/12/2022). ANTARA/Aji Cakti

Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan rencana akan menggelar lomba balap mobil GT di Sirkuit Mandalika setelah mendapatkan sertifikasi dari Federasi otomotif internasional atau Fédération Internationale de l'Automobile (FIA).

"Mengenai (sertifikasi) FIA, nanti rencananya akan ada lomba balap mobil GT," ujar Kartika Wirjoatmodjo atau akrab disapa Tiko di Jakarta, Selasa. Tiko menambahkan, kemungkinan lomba balap mobil GT di Sirkuit Mandalika tersebut akan dikerjasamakan dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Selain itu, Sirkuit Mandalika juga rencananya akan kembali menggelar lomba balap MotoGP pada tahun depan. "Mungkin nanti pada November 2023, MotoGP lagi," kata Tiko.

Sebelumnya, Holding BUMN Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney mengungkapkan sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mendapatkan sertifikasi dari Federasi Otomotif Internasional (FIA) sehingga sirkuit tersebut sudah bisa menggelar lomba kejuaraan untuk kendaraan beroda empat.

 Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengatakan, dengan demikian sirkuit Mandalika sudah bisa mengadakan lomba kejuaraan untuk kendaraan roda empat di sirkuit Mandalika, di samping kejuaraan World Superbike (WSBK) dan MotoGP. Selain itu, InJourney juga akan mulai masuk ke water sport sebagai daya tarik di Mandalika bagi wisatawan.

Sementara itu, Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, H Lalu Pathul Bahri mengatakan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika saat ini telah siap menjadi tuan rumah pelaksanaan ajang internasional selain MotoGP.

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat akan memperkuat citra Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah sebagai destinasi kelas dunia seiring wilayah itu menjadi titik ekonomi baru di luar pulau Jawa.

NTB sudah mendapat kepercayaan dari Presiden Jokowi, bahwa Lombok dengan Mandalika dan sirkuit-nya di deklarasikan menjadi epicentrum ekonomi baru pengembangan pariwisata nasional yang bisa membawa nama Indonesia di kancah internasional.

Baca juga: Ratusan botol miras ilegal di KEK Mandalika disita
Baca juga: Sebanyak 24.102 lembar tiket WSBK Mandalika 2022 terjual


Penguatan citra Mandalika sebagai sebuah kawasan Destinasi Super Prioritas Nasional (DSPN) ini dilakukan dengan cara menjaga dan memelihara sejumlah agenda yang akan digelar di kawasan tersebut. Seperti perhelatan World Superbike (WSBK) yang akan dilaksanakan pada Maret dan MotoGP pada Oktober 2023.

 



 

Pewarta :
Editor: I Komang Suparta
COPYRIGHT © ANTARA 2023