Polsek Pademangan Jaktim mendorong pelibatan masyarakat tingkatkan keamanan

id polsek pademangan,kamtibmas,pencurian jakut,jakut

Polsek Pademangan Jaktim mendorong pelibatan masyarakat tingkatkan keamanan

Kapolsek Pademangan Polres Metro Jakarta Utara Kompol Binsar Hatorangan Sianturi menyampaikan paparan dalam kegiatan Ngopi Kamtibmas di Kelurahan Pademangan Timur pada Kamis (24/7/2024) malam.

Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Sektor (Polsek) Pademangan mendorong pelibatan masyarakat untuk meningkatkan keamanan lingkungan di Kelurahan Pademangan Timur, Jakarta Utara.

Kapolsek Pademangan Kompol Binsar Hatorangan Sianturi dalam kegiatan Ngopi Kamtibmas di Jakarta, Kamis malam, mengatakan perlu upaya untuk meningkatkan keamanan lingkungan dan mencegah terjadinya tindak pidana di kawasan tersebut.

"Beberapa kasus pencurian pernah terjadi di sini dan ini harus diantisipasi agar tidak terulang kembali," katanya. 

Kompol Binsar menilai upaya penguatan keamanan lingkungan harus dilakukan secara bersama dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Hal tersebut misalnya, mulai dengan mengaktifkan poskamling serta ronda malam secara rutin guna menekan aksi pencurian, begal dan tindak pidana lainnya.

Selain itu, menambah penerangan berupa lampu jalan pada malam hari di titik kurang penerangan juga bisa dilakukan untuk mengantisipasi kerawanan. 

"Selalu melakukan koordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan petugas kepolisian jika menemukan aktifitas mencurigakan di kawasan lingkungan masing-masing dengan modus pengantar barang atau ojek daring," katanya.

Polsek Pademangan juga akan menggiatkan patroli petugas kepolisian di lokasi rawan dan jam rawan terjadinya aksi kejahatan di bawah wilayah hukum. 

"Upaya bersama harus dilakukan dalam mencegah terjadinya aksi kejahatan dan edukasi penguatan kamtibmas terus kami lakukan kepada masyarakat," katanya. 

Dalam kesempatan yang sama, Lurah Pademangan Timur Suhardiman mengapresiasi upaya yang dilakukan Polsek Pademangan dalam meningkatkan keamanan lingkungan melalui kegiatan Ngopi Kamtibmas.

Kegiatan Ngopi Kamtibmas menjadi wadah bagi polisi untuk langsung menyerap keluhan warga terkait keamanan dan ketertiban di wilayah. 

Baca juga: Polres Lombok Tengah raih juara Lomba Dai Kamtibmas Mabes Polri
Baca juga: Polisi Jakarta Utara serap aspirasi masyarakat melalui Ngopi Kamtibmas


"Kami selalu dilibatkan oleh Kapolsek membina masyarakat untuk menjaga kamtibmas dan sinergi yang terbangun ini hendaknya selalu terbangun dengan baik," katanya. 

Sementara itu, Ketua RW 11 Springhiil Kelurahan Pademangan Timur Hanafi mengatakan meski cukup kondusif, peristiwa pencurian di kawasan tersebut perlu jadi perhatian bersama.

"Kamtibmas di wilayah kami cenderung kondusif tapi ada beberapa hal kejadian terkait pencurian dan kami ingin meminta saran dan masukan Kapolsek Pademangan terkait menjaga kamtibmas," katanya.