LPEI dorong eksportir di sektor jasa ekspansi pasar non tradisional

id LPEI,Ekspor,pasar non tradisional,Sektor Jasa

LPEI dorong eksportir di sektor jasa ekspansi pasar non tradisional

Persiapan Kapal MV Dolphin Geo Survey untuk melakukan ekspor jasa ke Afrika Barat yang diberikan penjaminan dan kredit dari LPEI dan Bank BJB di Batam, Kepulauan Riau, Jumat (20/01/2023). (ANTARA/Agatha Olivia Victoria)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank mendorong eksportir di sektor jasa untuk melakukan ekspansi bisnis ke negara-negara non-tradisional yang tidak hanya ke negara Kawasan Asia Selatan dan Timur Tengah, namun juga negara Kawasan Afrika.

Hal tersebut sebagaimana ditugaskan melalui Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 1/KMK.08/2019 tentang Penugasan Khusus kepada LPEI untuk Mendorong Ekspor ke Negara Kawasan Afrika, Asia Selatan, dan Timur Tengah.

Dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin Direktur Pelaksana Bidang Pengembangan Bisnis LPEI Maqin Norhadi mengatakan Penugasan Khusus Ekspor (PKE) diberikan pemerintah kepada LPEI untuk menyediakan pembiayaan, penjaminan, dan/atau asuransi untuk transaksi atau proyek yang secara komersial sulit dilaksanakan, akan tetapi dianggap perlu oleh pemerintah untuk menunjang kebijakan atau program ekspor nasional.

Salah satu dukungan yang telah diberikan LPEI dalam bentuk fasilitas penjaminan kredit PKE dilakukan bersama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. (Bank BJB), yakni untuk PT Taka Hydrocore Indonesia dalam mendukung perusahaan sektor jasa survei geoteknikal Indonesia melaksanakan proyek offshore geotechnical di di lepas pantai Kongo, Afrika Barat.

“Penjaminan kredit bank dengan skema PKE ini merupakan dukungan penuh LPEI kepada para eksportir Indonesia terutama di sektor jasa sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan memberikan kemudahan eksportir melakukan penetrasi ekspor,” ujar Maqin.

Group Head Corporate Banking Bank BJB Sonni Maulana Nurdin menambahkan, kemitraan yang terjalin antara Bank BJB dan LPEI merupakan bentuk kolaborasi untuk menegaskan komitmen kedua institusi guna mendukung upaya pemerintah untuk mendorong ekspor nasional.

“Kolaborasi dengan LPEI ini dapat menambah level kepercayaan diri kami dalam menyalurkan kredit modal kerja kepada pelaku usaha Indonesia. Melalui penjaminan kredit ini, kami berkomitmen turut serta berkontribusi dalam rangka mendorong ekspor nasional," ucap Sonni.

Sementara itu, Direktur PT Taka Hydrocore Indonesia Denni Andri mengucapkan terima kasih atas dukungan kedua institusi yang telah membantu pihaknya mengepakkan sayap bisnis hingga ke Kongo.

“Bagi kami, dukungan Bank BJB dan LPEI semakin menambah kepercayaan diri kami untuk mampu bersaing secara global dan kami bisa mengibarkan bendera merah putih di negara lain,” ucap Denni.

Baca juga: Mendag optimistis ekspor Indonesia ke Arab Saudi meningkat
Baca juga: NTB ekspor manggis dan rambutan ke Dubai


Peran pemerintah melalui LPEI untuk memberikan pembiayaan ekspor khususnya ke negara non-tradisional dapat menstimulus industri strategis dalam melakukan perdagangan (ekspor) ke negara-negara tersebut dan juga meningkatkan daya saing produk buatan Indonesia maupun jasa di negara tujuan tersebut.

Secara akumulasi sejak tahun 2019 sampai dengan Desember tahun 2022, LPEI telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp2,2 triliun melalui program PKE kawasan dimaksud untuk mendorong ekspor ke negara non-tradisional, yang dalam hal ini tidak hanya negara Kawasan Afrika, namun juga Asia Selatan, dan Timur Tengah