SMPN 17 inovasi evaluasi SPS berbasis IT

id SMPN 17 Mataram,IT SMPN 17 Mataram,IT

SMPN 17 inovasi evaluasi SPS berbasis IT

SMPN 17 Mataram, Nusa Tenggara Barat, berinovasi penggunaan teknologi informasi (IT) sebagai pengganti evaluasi menggunakan kertas dalam Sumatif Pertengahan Semester (SPS) di kelas VII,VIII dan IX dengan jumlah  keseluruhan sebanyak 378 siswa.

Mataram (ANTARA) - SMPN 17 Mataram, Nusa Tenggara Barat, berinovasi penggunaan teknologi informasi (IT) sebagai pengganti evaluasi menggunakan kertas dalam Sumatif Pertengahan Semester (SPS) di kelas VII,VIII dan IX dengan jumlah  keseluruhan sebanyak 378 siswa.

"Di SMPN 17 Mataram untuk saat ini kita coba mengadakan penghematan anggaran pembelian kertas," kata Hartati Panca Mardikawati SP, Kepala Sekolah SMPN 17 Mataram, Jumat. 

Seperti diketahui, evaluasi hasil belajar siswa yang dilakukan setiap waktu bertujuan untuk mengukur tingkat ketercapaian pemahaman peserta didik dalam menguasai kompetensi yang diharapkan dalam kurikulum setiap mata pelajaran.

Pelaksanaan inovasi evaluasi berbasis IT tersebut, kata dia, dilaksanakan pada 6-11 Maret 2023 dengan diawali rapat dewan guru untuk menyepakati bentuk soal. 

Jumlah soal dan pembentukan panitia penyelenggara evaluasi dengan memakai media google Form dan Whatsapp Group kelas yang dilaksanakan pada 23 Februari 2023. 

Dalam rapat dewan guru disepakati setiap wali kelas mendata peserta didik di kelasnya yang punya HP Android, kemudian diberikan surat pemberitahuan kepada wali siswa untuk mendukung membelikan paket data putra putrinya agar dapat memperlancar pelaksanaan evaluasi ini. 

Bagi siswa yang tidak punya maka sekolah memfasilitasi siswa dengan menggunakan laptop di ruang media dalam mengikuti evaluasi, kata dia.

"Kita harus memperkenalkan kepada siswa bahwa kita harus belajar menguasai penggunaan media IT secara perlahan-lahan. Selain sebagai media untuk belajar dan juga media untuk evaluasi pembelajaran," katanya.

Di samping penghematan anggaran sekolah dengan mengurangi biaya pembelian kertas untuk fotocopy, evaluasi dengan media Google Form ini juga sebuah inovasi yang bisa langsung dapat memperoleh data analisa. 

Data yang diperoleh adalah analisis Pencapaian Kompetensi dari jawaban siswa yang mencakup pemeriksaan hasil ulangan, analisis pencapaian kompetensi.

Mari kita sama-sama belajar untuk meningkatkan kompetensi penguasaan IT kita agar kita tidak digerus oleh jaman globalisasi dan penguasaan IT penting untuk generasi Z di jaman Milineal ini, kata dia dalam acara pengarahan kepada guru dan staf administrasi di SMPN 17 Mataram.

Penulis: Ni Komang Ratnawati Giri SPd (Guru SMPN 17 Mataram)