Dukcapil NTB menggencarkan layanan rekam cetak KTP elektronik di sekolah

id Disdukcapil,Mataram,KTP

Dukcapil NTB menggencarkan layanan rekam cetak KTP elektronik di sekolah

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram H Amran M Amin. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menggencarkan pelayanan rekam cetak kartu tanda penduduk (KTP) elektronik bagi pelajar melalui program layanan jemput bola ke sekolah.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram H Amran M Amin di Mataram, Ahad, mengatakan program layanan jemput bola (jempol) ke sekolah itu dikemas dalam kegiatan "goes to school" dengan menyasar siswa yang akan masuk usia 17 tahun di sekolah tingkat SMA/SMK/MA baik negeri, swasta termasuk pondok pesantren.

"Layanan jempol 'goes to school' kami lakukan dengan menggunakan satu unit mobil layanan keliling ke sekolah-sekolah sesuai dengan jadwal yang kita sepakati," katanya.

Ia mengatakan, pada Ahad lalu (6-10 Maret), dilakukan perekaman di Pondok Pesantren di Tanjung Karang Kecamatan Ampenan dan SMA Tunas Daud Mataram.

Namun, untuk layanan saat ini hanya dilakukan perekaman sebab ketersediaan blangko KTP elektronik saat ini terbatas sehingga pencetakan dilakukan dengan skala prioritas. Misalnya, untuk yang hilang, rusak, atau ganti status.

"Kalau 4.000 blangko yang kita usulkan sudah ada, kita langsung langsung cetak dan kirim ke sekolah-sekolah untuk dibagi kepada siswa yang sudah melakukan perekaman KTP elektronik," katanya.