Tim SAR menemukan lagi satu korban meninggal akibat kapal terbakar

id Tim SAR,Korban Kapal Terbakar,MT Kristin,Pelabuhan Lembar,Lombok Barat

Tim SAR menemukan lagi satu korban meninggal akibat kapal terbakar

Tim SAR mengevakuasi jenazah korban kebakaran kapal MT Kristin yang ditemukan di perairan laut Jeranjang, Kabupaten Lombok Barat, NTB, Rabu (29/3/2023). ANTARA/HO-Basarnas

Mataram (ANTARA) - Tim pencarian dan pertolongan (SAR) gabungan menemukan lagi satu korban kapal tanker MT Kristin yang terbakar di perairan laut barat Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (26/3).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram Lalu Wahyu Efendi mengatakan korban kedua ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dengan tubuh mengambang di perairan laut Jeranjang, Kabupaten Lombok Barat, Rabu, sekitar pukul 08.30 Wita.

"Kondisi meninggal dunia, ditemukan di jarak 6,20 nautical mile arah barat daya dari lokasi kejadian pertama di sekitar perairan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pantai Ampenan Mataram," katanya.

Ia menambahkan korban yang ditemukan pada hari keempat pencarian ini dalam kondisi tubuh utuh dan masih menggunakan pakaian wearpack (pakaian kerja/teknisi).

Korban dievakuasi ke daratan menggunakan perahu karet dan dibawa ke Pelabuhan Penumpang Kedaro, Lembar, Kabupaten Lombok menggunakan kapal Rescue Boat 220 Mataram.

"Tiba di pelabuhan pukul 09.30 Wita, selanjutnya diserahkan ke pihak ambulans KKP Lembar untuk dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara," ujar dia.

Pada Senin (27/3), pukul 03.50 Wita, korban pertama ditemukan meninggal dunia di kapal pengangkut BBM dalam kondisi terbakar dan tubuh tidak utuh. Korban hilang yang sudah dievakuasi berjumlah dua orang.

"Tinggal satu korban lagi dalam pencarian," ucap Lalu Wahyu.

Ia mengatakan operasi SAR kecelakaan pelayaran tersebut melibatkan unsur dari tim rescue Kantor SAR Mataram, Lanud ZAM, TNI AL Mataram, Polair Polda NTB, dan Babinsa Ampenan.

Selain itu, Pertamina, KSOP Lembar, SROP Lembar, Pelindo Lembar, KUPP Pemenang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah NTB, dan masyarakat setempat.