Pekalongan kembali gelar operasi pasar murah Ramadhan

id Pemkot Pekalongan, pasar murah Ramadhan

Pekalongan kembali gelar operasi pasar murah Ramadhan

Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin menyerahkan paket sembako pada warga dalam kegiatan operasi pasar murah Ramadhan 1444 Hijriah di Pekalongan, Kamis (13/4/2023). (ANTARA/Kutnadi)

Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, bekerja sama dengan Perum BULOG kembali menggelar kegiatan operasi pasar murah Ramadhan 1444 Hijriah dengan menyediakan 1.200 paket sembako, Kamis.

Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin di Pekalongan, Kamis, mengatakan bahwa kegiatan operasi pasar murah tersebut sebagai langkah untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok menjelang Lebaran 2023.

"Menjelang Idulfitri 1444 Hijriah, harga kebutuhan pokok kini mulai naik sehingga kami perlu melakukan operasi pasar murah. Pada operasi pasar murah itu, kami sediakan 1.200 paket sembako," katanya.

Kegiatan operasi pasar murah Ramadhan ini, sebelumnya sudah dilakukan oleh Pemkot Pekalongan bersama Perum BULOG pada 6 April dan 13 April 2023, kemudian dilanjutkan lagi pada Kamis. Dikatakannya, pada masing-masing paket sembako berisi beras premium kemasan 5 kilogram, 1 kilogram gula pasir, 1 liter minyak goreng dengan harga di bawah pasaran.

"Kami berharap adanya upaya operasi pasar murah ini bisa meringankan beban masyarakat dalam menghadapi bulan suci Ramadhan dan Lebaran Idulfitri 1444 Hijriah," katanya. Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kota Pekalongan Budiyanto mengatakan pelaksanaan operasi pasar murah hari ini merupakan yang ketiga kalinya.

Adapun komoditi pangan yang dijual di pasar murah Ramadhan, yaitu 5 kilogram beras premium, 1 liter minyak goreng, 1 kilogram gula pasir yang dijual seharga Rp70 ribu per paket. Menurut Budiyanto, mekanisme pembelian paket sembako yaitu melalui sistem kupon yang telah didistribusikan di kelurahan dan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Baca juga: Pemkot Ambon siapkan 2.172 paket kebutuhan pokok
Baca juga: Gubernur NTB minta kabupaten dan kota perbanyak bazar murah ramadhan


"Setiap pelaksanaan operasi pasar murah disediakan 400 paket sembako yang dijual dengan harga terjangkau sebesar Rp70 ribu per paket. Jadi total ada 1.200 paket yang ludes terjual," katanya.