Ajang Pacuan Kuda Tradisional 2023 digelar di Sirkuit Sasake Lombok Tengah

id pacuan kuda tradisional,pacuan kuda,pacuan kuda tradisional Lombok Tengah,LombokTengah,Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri

Ajang Pacuan Kuda Tradisional 2023 digelar di Sirkuit Sasake Lombok Tengah

Acara rapat koordinasi persiapan pelaksanaan ajang pacuan kuda tradisional 2023 di kantor bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (8/6/2023) (ANTARA/Humas Pemkab Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah bersama Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar ajang atraksi budaya pacuan kuda tradisional di sirkuit balapan kuda di Kelurahan Sasake, Kecamatan Praya Tengah.

"Ajang ini berlangsung mulai 10 Juli hingga 23 Juli 2023," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaludin usai rapat koordinasi di Ballroom Kantor Bupati Lombok Tengah di Praya, Kamis.

Kegiatan ajang balap kuda tersebut bertujuan untuk melestarikan warisan budaya dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, karena peserta yang datang mencapai ratusan orang.

"Peserta ajang ini sekitar 500 orang," katanya.

Pemerintah Provinsi NTB telah menyediakan dana sebesar setengah miliar untuk hadiah dalam acara tersebut. Selain itu Ia berharap bahwa acara ini dapat menjadikan Sirkuit Sasake akan menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat NTB.

“Kami berharap kegiatan ini akan terus berlanjut karena Sirkuit Sasake memiliki lokasi yang strategis dan panjang yang ideal. Kami berharap Sirkuit ini akan menjadi tempat penyelenggaraan ajang nasional dan internasional di masa depan, di antaranya kita harapkan menjadi venue Pekan Olahraga Nasional (PON) NTB dan NTT pada tahun 2028 mendatang," katanya.

Sementara itu, Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri meminta kepala OPD terkait untuk mengidentifikasi kebutuhan yang diperlukan dalam pelaksanaan ajang balap kuda 2023 ini.

Ia menekankan pentingnya melibatkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam setiap kegiatan olahraga yang diselenggarakan.