PKB siap menggeser kursi Demokrat di Dapil VI untuk DPRD NTB

id PKB NTB,Demokrat NTB,DPRD NTB,Pemilu 2024

PKB siap menggeser kursi Demokrat di Dapil VI untuk DPRD NTB

Wakil Ketua DPW PKB Nusa Tenggara Barat (NTB) Akhdiansyah. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Nusa Tenggara Barat siap menggeser kursi Demokrat untuk DPRD provinsi di daerah pemilihan VI Kabupaten Dompu, Bima dan Kota Bima pada Pemilu 2024.

Wakil Ketua DPW PKB NTB Akhdiansyah mengatakan target tersebut rasional karena posisi bakal calon legislatif yang akan berkompetisi di dapil itu berbobot dan potensi menangnya ada sehingga mendapat kursi.

"Dari komposisi 11 bakal calon legislatif, hitung-hitung saya 7 atau 8 orang berpotensi mendulang suara di atas 5 ribu," ujarnya di Mataram, Rabu.

Ia mengatakan untuk mencapai target dua kursi itu pihaknya berharap dapat meraih suara 28 ribu hingga 30 ribu. Raihan suara itu diharapkan dapat di raih dari tujuh orang bakal calon legislatif.

Nama-nama yang ditargetkan dapat meraih suara itu antara lain dari Nurlaila, Mustahid, Mahfud, Kurban, dan Yayan.

"Kalau dulu kan ada 14 parpol itu 35 ribu. Kalau sekarang kan ada 18 parpol. Artinya dengan komposisi itu kita yakin bisa meraih suara tersebut," kata Guru Toi sapaan akrabnya.

Menurut anggota DPRD NTB dari Dapil Kabupaten Dompu, Bima dan Kota Bima ini peluang PKB meraih dua kursi dan menggeser Demokrat di Dapil VI cukup besar.

Mengingat, salah satu kader Demokrat Arahman H Abidin tidak maju lagi menjadi bakal calon legislatif di Pemilu 2024. Berkaca dari itu, Guru Toi mengaku optimis target dua kursi untuk PKB bisa tercapai.

"Memang yang begini dinamis, indikatornya track record orang itu, basis kerja, dan jejaring yang dia punya. Dari tujuh orang bakal calon legislatif PKB semua punya potensi di atas angka 5 ribu," katanya.

Sebelumnya Ketua DPW PKB NTB, Lalu Hardrian Irfani menargetkan bahwa PKB dapat meraih 10 kursi untuk DPRD NTB pada Pemilu 2024.

"Kami mematok target 10 kursi sekaligus posisi pimpinan di DPRD NTB," ujarnya.

Untuk merealisasikan target tersebut, PKB sendiri menurutnya tengah menyiapkan kader-kader terbaiknya di setiap daerah pemilihan (dapil) yang ada.

Bahkan, PKB juga kata pria yang menjabat sebagai Ketua Komisi V DPRD NTB ini akan siap menambah perolehan kursi di beberapa dapil yang ada.