Koperasi di Kabupaten Bima kerja sama dengan bank

id Koperasi di Bima,Hari Koperasi,Bima

Koperasi di Kabupaten Bima kerja sama dengan bank

Wakil Bupati Kabupaten Bima, H Dahlan saat acara peringatan hari koperasi nasional di Kabupaten Bima, NTB, Rabu (13/7/2023) (ANTARA/Humas Pemkab Bima)

Mataram (ANTARA) - Wakil Bupati Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) H Dahlan M Noer mengatakan sejumlah koperasi saat ini telah melakukan kerja sama dengan OPD dan perbankan.  "Alhamdulillah koperasi di Kabupaten Bima telah menjalin kerja sama dengan perbankan," kata H Dahlan saat acara syukuran Hari Koperasi Nasional  Ke-76 tingkat Kabupaten Bima, Rabu.

Peringatan Hari Koperasi 2023 itu mengangkat tema yaitu membangun koperasi berbasis kearifan lokal menuju ekonomi gotong royong yang mandiri, modern dan ber-digital. "Terima kasih atas upaya nyata insan koperasi di tingkat desa maupun kecamatan atau kabupaten," katanya 

 Namun demikian, lanjut Wabup, dunia perkoperasian dan UMKM saat ini juga menghadapi tantangan, sehingga koperasi diharapkan bisa mengembangkan usaha untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Tidak hanya mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, tetapi juga menjadi momentum untuk menghadirkan visi baru di tengah perubahan sosial-ekonomi yang sangat dinamis," katanya.

Dengan demikian maka koperasi harus masuk pada sektor unggulan nasional dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.  "Ada banyak sarjana yang bisa dilibatkan supaya perkembangan koperasi semakin hari semakin baik. Kita tidak ingin di masa kepemimpinan Dinda-Dahlan, kegiatan koperasi dan UKM stagnan," katanya.

Baca juga: Wabup Loteng minta koperasi dukung peningkatan ekonomi warga
Baca juga: Gairahkan UMKM Kalsel, Inggris dan Amerika minati Kain Batik Sasirangan


Sementara itu, Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Bima H Muhammad menyampaikan saat ini terdapat 305 gerakan koperasi KPRS maupun KSP yang tersebar di 18 kecamatan dengan keanggotaan kurang lebih 4.481 orang. "Jumlah koperasi di Kabupaten Bima sebanyak 305 koperasi," katanya.