Bupati Asmat tingkatkan SDM melalui pemberian beasiswa

id Pemda Asmat,Suku Asmat, Beasiswa, Perguruan Tinggi, Beasiswa untuk warga Asmat

Bupati Asmat tingkatkan SDM melalui pemberian beasiswa

Bupati Asmat Elisa Kambu. (ANTARA/Evarukdijati)

Jayapura (ANTARA) - Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) maka pemda menyiapkan beasiswa bagi anak-anak yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
 

Ada dua jenis program beasiswa yang diberikan yaitu beasiswa penuh bagi mahasiswa yang kuliah di tiga perguruan tinggi dan beasiswa bagi mahasiswa asal Asmat mulai semester III hingga semester VIII.

Saat ini tercatat 259 mahasiswa penerima beasiswa penuh dari Pemda Asmat yang menempuh pendidikan di Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Padjadjaran Bandung dan Universitas Sanata Dharma Jogyakarta, kata Bupati Kambu kepada Antara, Senin.

Dijelaskan, mahasiswa yang kuliah di tiga perguruan tinggi itu mengambil jurusan keperawatan, kedokteran dan pendidikan yang setelah selesai kuliah langsung dipekerjakan di puskesmas dan sekolah.

Pemda Asmat memang memprioritaskan kedua bidang pendidikan dan kesehatan agar SDM mengalami peningkatan. "Dengan meningkatnya kesehatan masyarakat serta berpendidikan diharapkan dapat mengejar ketertinggalan dari daerah lain, " kata Bupati Kambu yang dihubungi dari Jayapura.

Elisa Kambu mengaku, beasiswa lainnya yang disediakan Pemda Asmat itu melalui program "Asmat pintar" yang penerimanya tidak saja mahasiswa asli Papua (OAP) tetapi juga kepada mereka yang memiliki KTP Asmat.

Baca juga: WVI sebut banyak anak-anak di Asmat belum bisa membaca
Baca juga: Suku Asmat gunakan speed boat beraktivitas sehari-hari


Tidak ada kriteria khusus bagi penerima beasiswa yang terpenting mereka mendaftar dan mengurus sesuai ketentuan maka Pemda akan memberikan beasiswa hingga semester VIII, kata Bupati Asmat Elisa Kambu. Kabupaten Asmat saat ini masuk wilayah Papua Selatan bersama Kabupaten Merauke, Mappi dan Boven Digul.*