Madiun terima kedatangan Kirab Pemilu 2024

id kirab pemilu 2024,KPU kota madiun,kota madiun,madiun,jatim,pemilu 2024,sosialisasi pemilu 2024

Madiun terima kedatangan Kirab Pemilu 2024

Kegiatan Kirab Pemilu 2024 tiba di Kota Madiun, Jawa Timur. Penyambutan dan kirab dipusatkan di Pahlawan Bisnis Center (PBC), Kota Madiun, Kamis (21/9/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun

Madiun (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun, Jawa Timur, menerima arak-arakan "Kirab Pemilu 2024 dari KPU Kabupaten Madiun di Pahlawan Bisnis Center (PBC), Kota Madiun, Kamis (21/9). Ketua KPU Kota Madiun Wisnu Wardana mengatakan diterimanya kirab pemilu, maka menandakan pelaksanaan pesta demokrasi sudah semakin dekat menuju 14 Februari 2024. "Sampai saat ini kurang lebih 145 hari lagi pemungutan suara kita laksanakan bersama," ujar Wisnu di sela kegiatan kirab.

Menurut dia, Kirab Pemilu 2024 bertujuan sebagai wadah sosialisasi pemilu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu nanti. Ada 18 partai politik yang terdata sebagai peserta pemilu. "Dengan kirab ini tujuannya untuk mengenalkan ke masyarakat, sehingga nantinya partisipasi di hari pemberian hak suara Februari 2024 bisa meningkat," kata dia.

Kirab Pemilu 2024 di Kota Madiun akan berlangsung pada tanggal 21-28 September 2023. Selama acara itu, banyak kegiatan yang digelar termasuk memberikan edukasi tentang Pemilu 2024, utamanya kepada pemilih pemula. Sesuai data, pemilih pemula di lingkungan KPU Kota Madiun mencapai sejumlah 22,3 persen daftar pemilih tetap sebanyak 153.880 orang dengan rentang usia dari 17 tahun sampai dengan 23 tahun.

"Karena persentase yang cukup besar dari 'Generasi Z' inilah maka KPU aktif memberikan edukasi di sekolah-sekolah juga kampus untuk mendorong partisipasi masyarakat," kata dia.

Wali Kota Madiun Maidi yang hadir dalam penerimaan Kirab Pemilu 2024 di kota itu, mengatakan KPU dan Bawaslu agar maksimal dalam menjalankan tugas. Sosialisasi ini akan berlangsung selama delapan hari ke depan.

"Tempat-tempat keramaian dan lainnya silahkan dimanfaatkan untuk sosialisasi. Jangan sampai masyarakat tidak tahu kapan Pemilu 2024 digelar, siapa calon yang dipilih, dan lainnya," kata Maidi. Sementara, Kirab Pemilu 2024 di Kota Madiun diwarnai dengan pawai kirab Pemilu, deklarasi dan penandatangan deklarasi, serah terima bendera kirab, hingga hiburan berbagai musik, seni, dan budaya.

Nantinya juga disediakan beberapa both di sekitar arena sosialisasi yang bisa dimanfaatkan oleh pemilih, utamanya pemula untuk mengecek DPT, pameran foto pemilu dari masa ke masa, dan pagelaran seni. Pihaknya menyebut banyak program yang telah dilakukan oleh KPU Kota Madiun dan pemda guna memberikan edukasi. Oleh karena itu ia optimistis, partisipasi masyarakat bisa naik nantinya.

Baca juga: KPU Jombang masifkan sosialisasi selama Kirab Pemilu
Baca juga: Temanggung ajak masyarakat gunakan hak pilih Pemilu 2024


KPU RI menggelar Kirab Pemilu 2024 yang bertujuan sebagai ajang sosialisasi Pemilu 2024 beserta partai-partai yang menjadi peserta dalam perhelatan demokrasi tersebut. Kirab Pemilu 2024 akan melalui 306 kabupaten/kota se-Indonesia. Setelah dari Kota Madiun, Kirab Pemilu 2024 akan menuju ke Kabupaten Ngawi. Sebelumnya, Kirab Pemilu 2024 berada di Kabupaten Madiun.