Sebanyak 254 titik panas terpantau di tujuh kabupaten di Kaltim

id titik panas kalimantan timur,kebakaran hutan lahan,mitigasi karhutla

Sebanyak 254 titik panas terpantau di tujuh kabupaten di Kaltim

Arsip Foto - Petugas memadamkan lahan yang terbakar di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. (ANTARA/HO Pusdalops PPU)

Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi 254 titik panas indikator awal kebakaran hutan dan lahan di tujuh kabupaten di wilayah Provinsi Kalimantan Timur selama periode pengamatan Sabtu (23/9) pukul 01.00 hingga 24.00 WITA.

Menurut Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman-Sepinggan Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Minggu, titik panas terpantau di Kabupaten Berau (118), Kutai Timur (82), Paser (24), Kutai Kartanegara (15), Mahakam Ulu (11), Penajam Paser Utara (3), dan Kutai Barat (1).

Dia menyampaikan bahwa titik-titik panas indikator awal kebakaran hutan dan lahan yang terpantau di tujuh kabupaten tersebut semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah. Informasi terkini mengenai sebaran titik panas indikator kebakaran hutan dan lahan, menurut dia, sudah disampaikan kepada instansi pemerintah terkait, termasuk badan penanggulangan bencana daerah tingkat provinsi dan kabupaten.

Baca juga: Api di kawasan Mongkrang Gunung Lawu Jateng padam
Baca juga: Hutan di Lereng Gunung Merbabu Boyolali Jateng terbakar


Diyan mengimbau warga untuk waspada, tidak membuang puntung rokok sembarangan dan tidak melakukan pembakaran untuk membuka atau membersihkan lahan guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.