Polda Maluku membagi brosur imbauan Kamtibmas jelang Pemilu

id Polda Maluku ,Imbauan kamtibmas maluku,Pengamanan jelang pemilu 2024

Polda Maluku membagi brosur imbauan Kamtibmas jelang Pemilu

Personel Satgas OMB saat membagikan brosur imbauan kepada warga, bentuk pengamanan Pemilu 2024, Ambon, Minggu. (ANTARA/Winda Herman)

Ambon (ANTARA) - Satuan Tugas Preemtif Operasi Mantap Brata (OMB) Polda Maluku Tahun 2023 - 2024, membagikan brosur imbauan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) kepada masyarakat menjelang Pemilu 2024.

"Untuk hari ini tim Satgas Preemtif OMB terbagi dalam beberapa kelompok. Di antaranya dengan membagikan brosur imbauan maupun berbicara secara langsung," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M. Roem Ohoirat, Ambon, Minggu.

Pembagian brosur berlangsung di depan Pusat Perbelanjaan Maluku City Mall (MCM), Jalan Jenderal Sudirman. Brosur imbauan Kamtibmas dibagikan kepada sopir, penumpang mobil angkutan kota maupun pejalan kaki.

"Untuk kelompok lainnya memberikan imbauan Kamtibmas di depan kawasan pelabuhan Feri Galala, termasuk kepada warga yang berada di pangkalan ojek Galala," katanya.

Imbauan Kamtibmas yang disampaikan yakni mengajak warga untuk bersama-sama menjaga situasi aman di daerah masing-masing, bijak dalam bermedia sosial dan tidak menyebarkan berita bohong atau ujaran kebencian. Sebab, hal itu dapat memicu terjadinya gangguan keamanan.

"Jadi kegiatan yang dilakukan ini dalam rangka menciptakan situasi yang aman dan kondusif dalam setiap tahapan Pemilu yang dilalui," ucapnya.

Selain membagikan brosur, Satgas Preemtif OMB Salawaku juga memberikan imbauan Kamtibmas kepada masyarakat jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) Pniel Latuhalat, Ambon.

"Tadi dari satgas preemtif juga melakukan imbauan Kamtibmas kepada warga jemaat GPM Pniel di Latuhalat setelah pelaksanaan ibadah," ungkap Roem.

Saat menyampaikan imbauan, personel satgas menekankan beberapa hal terkait perlunya menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Tujuaannya agar Pemilu dapat berjalan aman, damai dan sukses.

"Warga diminta untuk tidak mengkonsumsi minuman keras karena dapat memicu gangguan kamtibmas yang pada akhirnya menimbulkan korban baik kepada diri sendiri maupun orang lain," katanya.

Baca juga: Polda Maluku laksanakan OMB
Baca juga: KPU Jabar dan JRKI edukasi pemilih tingkatkan partisipasi Pemilu

"Kami juga berharap agar setiap warga bisa menjadi polisi bagi diri sendiri maupun keluarga. Artinya mampu menjaga Kamtibmas dalam lingkungan keluarga hingga di luar lingkungan tempat tinggal," ia menambahkan.