Masyarakat Maluku diimbau jangan saling adu domba

id Polda Maluku,Operasi mantap brata,Pengamanan pemilu 2024,Imbauan kamtibmas,Pemilu serentak 2024

Masyarakat Maluku diimbau jangan saling adu domba

Personel Satgas OMB Salawaku Polda Maluku saat memberikan imbauan kepada warga di Ambon, Kamis(26/10/2023). ANTARA/Winda Herman

Ambon (ANTARA) - Kepolisian Daerah Maluku mengimbau masyarakat dan semua pihak untuk tidak saling mengadu domba menjelang Pemilihan Umum 2024, demi keamanan dan ketertiban bersama Imbauan tersebut disampaikan saat melaksanakan kegiatan Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku, dalam rangka pengamanan Pemilu 2024.
 

“Tahapan Pemilu sudah mulai berjalan, kami imbau masyarakat agar mari bersama-sama menjaga stabilitas keamanan, hindari penyebaran berita hoaks terkait isu sara maupun politik, jangan saling adu domba,” kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. M. Roem Ohoirat di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, tim satgas juga memberikan imbauan mengajak masyarakat agar dapat membantu aparat keamanan untuk menjaga kondusivitas di wilayah masing-masing.

"Berbeda pilihan hendaknya disikapi dengan bijak, siapa pun calonnya, apa pun partainya, kita tetap harus menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif. Mari sama-sama ciptakan Pemilu 2024 aman, sejuk dan damai,” ajaknya.

Selain itu, tim juga membagikan brosur berisi pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di kawasan terminal angkot Pasar Mardika, Kota Ambon. Satgas OMB Salawaku juga dikerahkan melakukan pengawalan dan pengamanan kotak suara dari pelabuhan Yos Sudarso Kota Ambon menuju KPU Kabupaten Maluku Tengah.

Selain itu, Satgas OMB melakukan patroli pengamanan di sejumlah objek penting seperti Kantor KPU dan Bawaslu, baik kota maupun provinsi. Patroli pengamanan dan penjagaan juga dilakukan di gudang penyimpanan logistik Pemilu milik KPU Maluku maupun kota Ambon. Termasuk pengamanan di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

"Berbagai kegiatan pengamanan dan pengawalan logistik Pemilu sampai saat ini berjalan baik, aman dan lancar. Kemarin juga sudah dikawal logistik ke KPU Malteng," ujar Roem.

Pengawalan logistik ke KPU Malteng berupa kotak suara sebanyak 6.251 kotak suara dan tinta cap jari sejumlah 2.474 botol. Logistik Pemilu itu dikirim menggunakan kendaraan truk. "Untuk saat ini barang-barang itu sudah berada di kantor KPU Malteng,"  katanya.

Selain melaksanakan pengawalan logistik pemilu, satgas OMB juga melakukan patroli untuk memastikan keamanan sejumlah objek penting. Seperti kantor KPU dan Bawaslu.

"Untuk hari ini situasi keamanan baik di kantor KPU termasuk gudang penyimpanan logistik Pemilu baik di KPU Maluku maupun Kota Ambon terpantau aman terkendali. Begitu pula kantor Bawaslu," ungkapnya.

Selain melakukan pengamanan, tim juga berkoordinasi dengan para pegawai atau pihak keamanan di kantor-kantor tersebut. Para pegawai kantor baik KPU maupun Bawaslu diharapkan dapat segera menghubungi aparat kepolisian terdekat apabila terjadi pencurian atau gangguan Kamtibmas lainnya.

Baca juga: Polda Maluku membagi brosur imbauan Kamtibmas jelang Pemilu
Baca juga: Polres Metro Lampung gelar simulasi Sispamkota jaga kondusivitas Pemilu 2024

"Saat ini di kantor KPU Maluku sudah mulai dipasang CCTV. Sementara di kantor Bawaslu masih menunggu keputusan dari kantor pusat. Ini semua untuk keamanan," terangnya.

Selain perkantoran, tim Satgas juga melakukan patroli pengamanan dan sosialisasi kamtibmas di tempat-tempat umum lainnya baik di kawasan pasar, pusat perbelanjaan, maupun rumah ibadah.