Atlet gulat Kepri menambah daftar cabang lolos PON 2024

id PON 2024, Kepri

Atlet gulat Kepri menambah daftar cabang lolos PON 2024

Atlet gulat asal Kepri mendengar arahan pelatih pada ajang Pra PON 2023 di Jakarta, Minggu (12/11/2023). (ANTARA/HO-KONI Kepri)

Tanjungpinang (ANTARA) - Atlet gulat asal Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menambah daftar cabang olahraga yang lolos Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.

"Cabang olahraga gulat Kepri lolos PON 2024, setelah meraih medali di ajang Pra PON yang selenggarakan di Jakarta," kata Asisten Pelatih Gulat Kepri, Wahyunda Ade Putra di Batam, Minggu.

Wahyunda menyebut Kepri membawa sembilan atlet untuk mengikuti Pra PON di Jakarta tahun 2023. Dua atlet di antaranya berhasil lolos menuju PON 2024, yaitu M Rizki Akbar di kelas 86 kilogram dan Gres di kelas 50 kilogram. Menurutnya cabang gulat Kepri di bawah asuhan pelatih Hartono akan terus melakukan pembinaan terhadap kedua atlet yang bakal mengikuti PON pada tahun depan.

"Kita akan maksimalkan persiapan atlet yang berkompetisi di PON 2024 guna meraih medali," ujar Wahyunda.

Sementara, Ketua Satgas Pra PON Kepri, Buralimar menyampaikan dengan lolosnya cabang gulat, menambah satu lagi cabang olahraga untuk mewakili Kepri di PON 2024. Ia menyebut sampai saat ini total sudah ada 23 cabang olahraga lolos PON 2024 dengan jumlah atlet sekitar 63 orang. Cabang olahraga yang lolos itu berasal dari kualifikasi Pra PON dan Porwil Riau 2023.

"Mudah-mudahan cabang olahraga lolos PON terus bertambah, mengingat Pra PON dan Porwil Riau masih berlangsung," kata Buralimar.

Buralimar juga mengapresiasi atlet dan pelatih cabang gulat Kepri, karena berhasil lolos PON Aceh-Sumatera Utara. Ia berharap cabang olahraga tersebut dapat meraih hasil maksimal pada PON 2024.

Baca juga: Tujuh petinju Maluku dipastikan kantongi tiket PON
Baca juga: Lima atlet Lombok Timur masuk peserta seleksi pra-PON 2024


"Maksimalkan persiapan dengan sisa waktu yang ada. Kami dukung penuh cabang gulat agar meraup medali di PON 2024," kata Buralimar.