Pemkot Mataram mendapat bantuan mini "loader" tangani sampah

id Mataram dibantu mini loader,Pemkot Mataram dapat bantuan mini loader,bantuan mini loader untuk tangani sampah,bantuan mi

Pemkot Mataram mendapat bantuan mini "loader" tangani sampah

Penjabat (Pj) Gubernur NTB H Lalu Gita Ariadi (tiga dari kanan) menyerahkan secara simbolis bantuan kendaraan mini "loader" untuk penanganan sampah kepada Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana (dua dari kanan) di Ruang Terbuka Hijau Pagutan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jumat (17/11-2023). (ANTARA/Diskominfo)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat berupa kendaraan mini "loader" untuk mendukung penanganan sampah di ibu kota provinsi itu.

Bantuan kendaraan mini "loader" itu diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur NTB H Lalu Gita Ariadi kepada Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana di sela kegiatan Jumat Salam (Jumpa Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat) di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pagutan Kota Mataram, Jumat.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi mengatakan, pemberian mini "loader" sebagai upaya untuk mendukung penangan sampah khususnya di Kota Mataram dan umumnya di kabupaten/kota lainnya di NTB.

"Penanganan secara mandiri merupakan target yang harus dilakukan oleh setiap daerah untuk menyelesaikan masalah sampah," katanya.

Karenanya, ke depan diharapkan pemerintah kabupaten/kota mampu menyelesaikan masalah sampah melalui swakelola dengan melibatkan
masyarakat.

"Dengan demikian, sampah bisa diurai serta diselesaikan dengan cepat dan tepat," katanya.

Sementara Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mengatakan, bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi NTB itu merupakan batuan yang sangat dibutuhkan pemerintah kota dalam upaya penanganan sampah.

"Pak gubernur sangat peka dengan permasalahan yang kami hadapi di Kota Mataram," katanya.

Dikatakan, Pemerintah Kota Mataram saat ini sedang fokus pada isu penanganan sampah perkotaan sehingga berbagai upaya saat ini sedang dilakukan.

Salah satunya dengan pembangunan tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) modern di Kecamatan Sandubaya. Proyek ini diproyeksikan dapat menampung dan mengolah sampah secara terpadu setiap hari dan hanya menyisakan sampah residu yang sangat minim yang akan dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Kebon Kongok.

Baca juga: DLH Mataram mengaktifkan satgas sisir tumpukan sampah
Baca juga: YLM- Kalla edukasi masyarakat kenali jenis sampah di Makassar


Selain itu, setiap hari petugas kebersihan sangat ekstra memberikan pelayanan persampahan termasuk edukasi program pilah sampah dari rumah kepada masyarakat.

"Bantuan mini 'loader' yang kami terima ini akan memberikan kekuatan tambahan untuk menangani sampah lebih maksimal di Kota Mataram," katanya.