Polda Jateng meningkatkan pengamanan menjelang semifinal Piala Dunia U-17

id Polda Jateng tingkatkan ,pengamanan jelang semifinal Piala Dunia U-17

Polda Jateng meningkatkan pengamanan menjelang semifinal Piala Dunia U-17

Wakil Kepala Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Wilayah (Pamwil) Jateng Operasi Aman Bacuya 2023, kata Kombes Pol Dwi Subagio (tengah), dalam Konferensi Pers, di Pusat Informasi Piala Dunia U-17 di Solo, Sabtu (25/111/2023). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

Solo (ANTARA) - Kepolisian Daerah Jawa Tengah meningkatkan pengamanan jelang laga semifinal Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah.

"Polda Jateng telah melakukan pengamanan selama Piala Dunia U-17 di Solo," kata Wakil Kepala Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Wilayah (Pamwil) Jateng Operasi Aman Bacuya 2023 Kombes Pol Dwi Subagio, dalam Konferensi Pers di Pusat Informasi Piala Dunia U-17 di Solo, Sabtu.

Menurut Dwi Subagio pihaknya melakukan titik peningkatan pengaman di semua sisi di kawasan Stadion Manahan Solo. Langkah tersebut dilakukan karena diperkirakan jumlah penonton pada laga semifinal dan final diprediksi akan meningkat.

"Kami terus monitor terkait jumlah penonton di Stadion Manahan, terus meningkat. Pada saat semifinal nanti informasinya tiket-tiket sudah banyak terjual. Hampir memenuhi Stadion Manahan Solo," katanya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes Pol Satake Bayu Setianto menyatakan peningkatan pengamanan dilakukan mulai dari lokasi pertandingan hingga hotel penginapan. Pengamanan dilakukan menggunakan tiga lapis zona pengamanan.

Sebanyak 4.515 personel disiagakan Polda Jateng yang terdiri atas personel gabungan Polri dan TNI. Secara terperinci, personel yang disiagakan terdiri atas 963 personel pengamanan Satker Mapolda Jateng, 3.141 personel polres jajaran, dan 500 personel TNI.

Selain itu, sejumlah unit taktis turut diterjunkan dalam kegiatan pengamanan, di antaranya Unit K-9 dari Tim Polsatwa, Jibom, Jihandak dari Gegana, PHH, Anti-Drone, Satbrimob, dan Tim Cyber dari Satgas Gakkum.

Dia mengatakan untuk pengamanan zona I atau di dalam stadion mengedepankan fungsi dan peran 'steward' yang dikendalikan FIFA. Pelibatan personel Polri dilaksanakan sesuai dengan eskalasi ancaman dan permintaan dari 'safety' dan 'security officer'.

Sedangkan, pengamanan di zona II atau sekitar kawasan stadion dan zona III atau luar kawasan stadion menjadi tanggung jawab Polri yang didukung petugas lain terkait. Pengendalian kegiatan pengamanan akan dilakukan melalui dua Posko Taktis di Ruang RTMC Polresta Surakarta dan di Stadion Manahan.

Baca juga: Polda Jateng tak persulit ujian pemohon SIM
Baca juga: Pemegang SIM berkompetensi meski proses dipermudah


Selain itu, disiapkan Posko Utama di Ruang MCC Biro Operasi Mapolda Jateng. Polda Jateng menyiagakan ratusan CCTV di beberapa titik di seluruh penjuru Kota Solo dan terintegrasi di Posko Taktis RTMC di Mako Polresta Solo.