Pemkot Mataram targetkan peningkatan kualitas tiga ruas jalan di 2024

id perbaikan jalan Mataram

Pemkot Mataram targetkan peningkatan kualitas tiga ruas jalan di 2024

Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan dan Perekonomian Setda Kota Mataram Miftahurrahman. (ANTARA/Nirkomala)

Untuk di Jalan Swasembada Kekalik panjangnya sekitar 2,17 kilometer, sedangkan dua jalan lainnya belum kami cek lagi
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menargetkan tiga ruas jalan di kota itu untuk dilakukan peningkatan kualitas di tahun 2024 dengan alokasi anggaran Rp14,6 miliar.

Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan dan Ekonomi Setda Kota Mataram Miftahurrahman di Mataram, Jumat, mengatakan tiga ruas jalan yang menjadi sasaran tahun 2024 itu meliputi Jalan Swasembada Kekalik, Jalan "Beak Ganggas" dan Jalan Umar Maya di wilayah Cakranegara.

"Untuk di Jalan Swasembada Kekalik panjangnya sekitar 2,17 kilometer, sedangkan dua jalan lainnya belum kami cek lagi," katanya.

Baca juga: Pemkot Mataram dapat bantuan Rp14 miliar peningkatan kualitas jalan

Anggaran untuk peningkatan kualitas jalan sebesar Rp14,6 miliar itu, katanya, bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) pemerintah pusat tahun 2024 dan sudah termasuk untuk pembuatan saluran sebagai antisipasi terjadinya genangan ketika terjadi hujan.

Dikatakannya, tiga ruas jalan itu diprioritaskan karena kondisinya yang sudah rusak sehingga perlu dilakukan peningkatan kualitas sekaligus mendukung akses ekonomi warga sekitar.

"Jalan Umar Maya dan 'Beak Ganggas' berada di sekitar Pasar Cakranegara, perlu kita tingkatkan sebagai bagian upaya peningkatan infrastruktur ekonomi," katanya.

Baca juga: Dinas PUPR Mataram membuka tender proyek peningkatan kualitas jalan

Lebih jauh Miftahurrahman mengatakan, proyek fisik peningkatan kualitas jalan tersebut ditarget mulai pada pada triwulan kedua tahun 2024.

"Triwulan pertama kita siapkan berbagai dokumen perencanaan dan tender. Jadi pekerjaan fisik, kita targetkan mulai triwulan dua 2024," katanya.

Lebih jauh Miftahurrahman mengatakan, untuk jalan yang memerlukan pemeliharaan dan peningkatan kualitas di Kota Mataram sudah masuk pendataan dan diverifikasi pemerintah pusat.

Namun oleh sistem ditentukan prioritas yang dikerjakan terlebih dahulu dan disetujui pemerintah pusat sesuai dengan ketersediaan anggaran yang ada.

"Saat pengusulan program kami pakai sistem dan itu sudah masuk berbagai kriteria. Jadi bantuan disesuaikan dengan anggaran dan data sudah masuk semua, namun realisasinya bertahap," katanya.

Baca juga: Pemkot Mataram menyiapkan Rp2 miliar untuk peningkatan kualitas jalan
Baca juga: Pemkab Lombok Tengah tingkatkan kualitas jalan menuju destinasi wisata
Baca juga: Proyek peningkatan kualitas jalan di Mataram tuntas