Alhamdulillah!! angka kemiskinan di Lombok Tengah turun

id Angka kemiskinan ,Lombok Tengah ,NTB,alhamdulillah,kemiskinan turun

Alhamdulillah!! angka kemiskinan di Lombok Tengah turun

Kepala Bapperinda Lombok Tengah, Provinsi NTB, Lalu Wiranata (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Angka kemiskinan kita mengalami penurunan 0,65 persen

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperinda) Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), menyatakan pemerintah daerah setempat terus melaksanakan berbagai program, sehingga pada 2023 angka kemiskinan turun menjadi 12,24 persen dari tahun sebelumnya sebesar 12,89 persen.

"Angka kemiskinan kita mengalami penurunan 0,65 persen," kata Kepala Bapperinda Kabupaten Lombok Tengah Lalu Wiranata di Praya, Selasa.

Penurunan angka kemiskinan di Lombok Tengah disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari banyaknya bantuan sosial (bansos)  dan kontribusi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berhasil di negara tujuan membuat angka kemiskinan menurun.

"Tidak bisa dipungkiri bahwa selama ini banyak TKI yang mampu mengubah kehidupannya menjadi lebih baik karena bekerja di luar negeri," katanya.

Baca juga: Pemkab Lombok Tengah mengalokasikan Rp200 miliar turunkan kemiskinan
Baca juga: Angka kemiskinan di Lombok Tengah di bawah rata-rata provinsi

Ia mengatakan berbagai upaya yang dilakukan bersama pemangku kepentingan dan sinergisitas antara pemkab, Pemprov NTB, dan pemerintah pusat membuat angka kemiskinan di daerah tersebut kembali bisa diturunkan.

“Kalau di Regsosek untuk tahun 2023 angka kemiskinan kita sudah pada angka 12,24 persen atau turun dari yang sebelumnya 12,89 persen," katanya.

Namun, angka kemiskinan ekstrem tahun 2023 sampai saat ini belum ada data, tetapi pada 2022 angka kemiskinan ekstrem kita masih 3 persen dari yang 12,89 persen atau sebelum penurunan menjadi 12,24 persen.

Ia optimistis angka kemiskinan ekstrem akan mengalami penurunan seperti kemiskinan secara umum. Hal ini diyakini karena selama ini berbagai program terus digencarkan oleh pemerintah baik tingkat daerah hingga pusat maupun pemangku kepentingan lainnya.

"Angka kemiskinan kita turun 0,65 persen dan jika dibandingkan dengan daerah lain malah progres penurunan kemiskinan kita paling tinggi," katanya.

Pemerintah tetap berkomitmen untuk menurunkan angka kemiskinan di daerah itu dan meningkatkan kesejahteraan kepada masyarakat. Oleh karena itu, berbagai pembinaan terus dilakukan dan program-program untuk mencanangkan penurunan kemiskinan juga tetap digalakkan seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Memang kita tidak bisa pungkiri dengan banyaknya bantuan sosial ini sangat berdampak terhadap penurunan angka kemiskinan," katanya.

Baca juga: Angka kemiskinan di Lombok Tengah turun
Baca juga: Lombok Tengah perkuat konvergensi penanggulangan kemiskinan