BONUS SEA GAMES SAMA DENGAN SEBELUMNYA

id

Jakarta (ANTARA) - Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) Adhyaksa Dault akan mengupayakan bonus bagi atlet yang berhasil meraih medali pada SEA Games Laos, Desembar mendatang, dengan besar minimal sama dengan seperti diberikan dua tahun lalu.

"Saya pasti berusaha mencari biaya untuk bonus atlet yang berprestasi pada ajang SEA Games 2009," kata Adhyaksa di Jakarta, Rabu.

Pada SEA Games 2007 di Thailand, pemerintah menyediakan anggaran Rp600 miliar untuk bonus atlet, namun dana yang dikeluarkan sekitar Rp18,8 miliar untuk 56 orang peraih emas yang terdiri dari 44 emas nomor tunggal dan 12 emas nomor beregu, serta 64 perak dan 83 perunggu.

Pemerintah juga bonus peraih medali emas sebesar Rp200 juta, peraih perak Rp100 juta dan medali perunggu Rp50 juta.

Adhyaksa mengatakan bonus bagi atlet berprestasi tersebut bertujuan untuk memotivasi dan meningkatkan semangat prestasi olahraga di Indonesia, selain sebagai penghargaan setimpal untuk pengorbanan atlet mengharumkan nama Indonesia.

Adhyaksa menuturkan atlet yang telah menunjukkan penampilan terbaiknya tidak perlu khawatir untuk mendapatkan bonus karena pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan meningkatkan prestasi dan memajukan bidang olahraga.

"Salah satu kebijakannya memberikan memberikan bonus bagi atlet peraih medali," kata Adhyaksa.

Dalam rangka mengapresiasi atlet berprestasi, Menegpora akan mencari donatur dan pihak terkait untuk mengumpulkan dana.

Rencananya dalam waktu dekat, Kemenegpora dan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan bertemu untuk membahas penyediaan anggaran bonus bagi atlet yang berprestasi pada SEA Games Laos.

"Targetnya anggaran uang bonus sudah tersedia sebelum Oktober 2009," kata Adhyaksa.(*)