Dukung kelancaran pemilu, PLN siapkan pengamanan khusus di lokasi pemilihan dan perhitungan suara

id NTB,PLN,Pemilu 2024,Pasokan Listrik

Dukung kelancaran pemilu, PLN siapkan pengamanan khusus di lokasi pemilihan dan perhitungan suara

Seorang petugas PLN UIW NTB bersiaga di salah satu tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024. (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat memastikan keandalan kelistrikan dalam mendukung kelancaran proses demokrasi pada hari H Pemilihan Umum 2024.

Dalam upaya mendukung pemilu yang aman dan lancar, PLN telah menyiapkan pengamanan khusus di lokasi pemilihan dan perhitungan suara di seluruh wilayah NTB. General Manager PLN NTB, Sudjarwo, mengatakan memahami betapa krusialnya kelancaran listrik selama Pemilihan Umum. 

"Oleh karena itu, kami telah menyiapkan pengamanan khusus di lokasi pemilihan dan perhitungan suara untuk memastikan pasokan listrik tetap andal dan stabil," katanya.

Dengan didirikannya pos-pos pengamanan khusus, PLN berkomitmen untuk mencegah potensi gangguan listrik yang dapat menghambat jalannya proses pemilihan.  Sudjarwo menambahkan pihaknya telah menempatkan personel PLN di setiap pos pengamanan tersebut untuk merespons dengan cepat setiap situasi yang berkaitan dengan pasokan listrik selama Pemilu.

PLN NTB juga merinci bahwa seluruh pos pengamanan ini akan ditempatkan di lokasi-lokasi strategis seperti pusat pemungutan suara, kantor-kantor pemerintah, dan tempat perhitungan suara. 

"Ada 240 lokasi yang menjadi prioritas pengamanan pemilu 2024 ini. kami memastikan bahwa setiap lokasi mendapatkan pasokan listrik yang andal selama proses Pemilu berlangsung," ujar Sudjarwo

Selain itu, PLN juga memastikan semua sisi baik Distribusi, Transmisi, maupun Pembangkit andal selama Pesta Demokrasi 2024.  Salah satunya adalah sistem transmisi dimana NTB terhubung dalam Sistem Transmisi pada 2 sistem kelistrikan di NTB, yakni Sistem Lombok (di Pulau Lombok termasuk Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Lombok Utara, serta Kota Mataram.

Selanjutnya, Sistem Tambora (di Pulau Sumbawa yang meliputi Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Dompu dan Bima) dengan total panjang 752.8 Kms  yang dikelola 4 ULTG besar. 

"Jauh sebelum Pemilu, PLN telah melakukan pemeliharaan peralatan transmisi guna memastikan semua sistem transmisi andal pada hari pemungutan suara," ucap Sudjarwo.

Pada Pemilu 2024 ini  PLN menyiapkan 163 Posko Siaga Keandalan dengan rincian Posko Siaga Pembangkit di 32 lokasi, Posko Siaga Transmisi di 29 lokasi, Posko Siaga Pengatur Beban di 2 lokasi, Posko Siaga Distribusi 100 lokasi, dan satu lokasi Posko Siaga Icon+.

Baca juga: PLN bentuk 163 Posko Siaga Pemilu demi kelancaran Pesta Demokrasi 2024 di NTB
Baca juga: PLN siapkan listrik berlapis di lokasi vital Pemilu 2024


Dengan semua dukungan yang dilakukan PLN berharap Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar. 

"Kepada seluruh masyarakat kami mengucapkan selamat melaksanakan Pesta Demokrasi. Semoga pemilu 2024 dapat berjalan aman dan lancar dengan pasokan listrik yang andal," kata Sudjarwo.