Tekan angka kecelakaan, Polisi razia kendaraan di Lombok Tengah

id Razian,Polres Lombok Tengah

Tekan angka kecelakaan, Polisi razia kendaraan di Lombok Tengah

Apel gelar pasukan dalam rangka operasi keselamatan Rinjani 2024 di halaman kantor Polres Lombok Tengah, Provinsi NTB, Sabtu (2/03/2024) (ANTARA/HO-Humas Polres Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kapolres Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) AKBP Iwan Hidayat mengatakan Operasi Keselamatan Rinjani 2024 digelar untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu
lintas dan menekan angka kecelakaan.

"Operasi Rinjani 2024 dilaksanakan selama 14 hari mulai dari tanggal 4 sampai 17 Maret 2024," katanya saat apel gelar pasukan di halaman kantor Polres Lombok Tengah, Sabtu.

Dalam razia kendaraan tersebut melibatkan sebanyak 150 personel gabungan dari TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Satpol-PP serta stakeholder terkait. Apel Operasi Keselamatan Rinjani 2024 dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya.

"Sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan khususnya dalam rangka meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu - lintas," katanya

Ia menekankan kepada personel yang terlibat Operasi Keselamatan Rinjani 2024 untuk mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Namun terhadap pelanggaran yang dapat menimbulkan fatalitas kecelakaan diutamakan untuk melakukan penindakan akan tetapi tetap mengedepankan sikap simpatik,” katanya.

Ia juga menekankan agar para personel yang terlibat operasi agar melaksanakan tugas tersebut dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab, guna mencapai hasil yang diharapkan, optimalkan sinergitas dan kerja sama yang baik antar lembaga terkait selama operasi berlangsung.

"Laksanakan operasi keselamatan sesuai dengan SOP, jaga keselamatan dalam pelaksanaan tugas personal terutama ketika melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas," katanya.

Pada apel operasi tersebut juga dihadiri oleh perwakilan mahasiswa, komunitas club mobil, para siswa-siswi tingkat SD, SMP hingga SMA dan dilakukan pencanangan dan pembacaan ikrar aksi keselamatan jalan dan nantinya akan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan raya.