Mataram siapkan 20 bus antar jamaah calon haji ke asrama

id bus haji Mataram,calon haji,bus,asrama haji,calon haji mataram

Mataram siapkan 20 bus antar jamaah calon haji ke asrama

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Mataram H Amir Wisuda. ANTARA/Nirkomala

Bus yang kita gunakan untuk mengantar jamaah ke asrama haji adalah bus Damri
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat telah menyiapkan 20 unit bus untuk mengantar 673 jamaah calon haji asal Kota Mataram yang akan berangkat pada musim haji 1445 Hijriah ke asrama haji Embarkasi Lombok di Jalan Lingkar Selatan.

"Bus yang kita gunakan untuk mengantar jamaah ke asrama haji adalah bus Damri," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Mataram H Amir Wisuda di Mataram, Selasa.

Ia mengatakan, bus yang disiapkan itu akan mengantar jamaah calon haji secara bertahap sesuai dengan kelompok terbang (kloter) dan tanggal pemberangkatan.

Baca juga: Pemkot Mataram berikan baju seragam gratis kepada 678 calon haji

Namun sebelum diberangkatkan ke asrama haji Embarkasi Lombok, semua jamaah calon haji akan dilepas secara resmi oleh Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana di halaman kantor Wali Kota Mataram dan dihadiri jajaran pejabat Pemerintah Kota Mataram serta dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Mataram.

Data dari Kemenag Kota Mataram menyebutkan, sebanyak 673 calon haji Mataram akan diberangkatkan dalam tiga kloter yakni satu kloter utuh dan dua kloter campuran dengan kabupaten/kota lain di NTB.

Baca juga: Jamaah calon haji Mataram diusulkan jadi dua kloter

Jamah kloter utuh Kota Mataram masuk pada kloter pertama dan dijadwalkan masuk asrama haji pada tanggal 11 Mei 2024 dan berangkat ke Tanah Suci pada hari berikutnya.

"Tahun ini jamaah calon haji asal Kota Mataram menjadi jamaah pertama dari Embarkasi Lombok yang diberangkatkan ke Tanah Suci," katanya.

Kemudian jamaah kloter 7 yang merupakan kloter campuran dijadwalkan masuk asrama pada 19 Mei 2024 dan diterbangkan ke Tanah Suci 20 Mei dan jamaah kloter 9 campuran masuk asrama 22 Mei 2024 dan berangkat keesokan harinya.

Baca juga: 689 jamaah calon haji di Mataram dapat bimbingan manasik haji gratis

Akan tetapi, lanjutnya, bus yang disiapkan itu hanya untuk mengantar jamaah sampai ke asrama haji, sedangkan untuk pemberangkatan jamaah dari ke Bandara Internasional Lombok sudah menjadi tanggung jawab dari Kemenag.

"Informasinya untuk membawa jamaah ke bandara Kemenag juga akan menggunakan bus yang sama dengan kita," katanya.
Baca juga: Dinkes buka layanan vaksin meningitis calon haji Mataram di 11 puskesmas