Pelatih timnas Mochi nilai kekuatan Korsel U-17 terletak pada penempatan posisi

id Satoru Mochizuki,Timnas putri Indonesia U-17,AFC Womens U-17 Cup 2024,Piala Asia Putri U-17 2024

Pelatih timnas Mochi nilai kekuatan Korsel U-17 terletak pada penempatan posisi

Pelatih tim nasional Indonesia putri U-17, Satoru Mochizuki dalam konferensi pers seusai menghadapi Korea Selatan U-17 pada pertandingan pertama Piala Asia Putri U-17 2024 yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Kamis (09/04/2024). (ANTARA/FAJAR SATRIYO)

Gianyar (ANTARA) - Pelatih tim nasional putri Indonesia U-17 Satoru Mochizuki menilai kekuatan Korea Selatan U-17 terletak pada penempatan posisi antarlini yang begitu rapat saat menang 12-0 atas Garuda Pertiwi pada pertandingan kedua Grup A Piala Asia U-17 2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis malam.

"Kalau saya lihat tadi, pemain Korea tadi dia posisinya pintar merepotkan kami. Mungkin berikutnya kita harus lebih memerhatikan hal itu. Mungkin memasuki babak kedua, saya lihat pertahanan itu agak goyang, mestinya mereka saling komunikasi," kata Satoru Mochizuki dalam konferensi pers seusai pertandingan.

Meski menelan kekalahan telak, Satoru Mochizuki mengapresiasi perjuangan Garuda Pertiwi yang menurutnya tampil lebih terkoordinasi jika dibandingkan dengan pertandingan pertama Grup A saat menghadapi Filipina.

"Mungkin dengan kekalahan telak tadi dibanding lawan Filipina, saya lihat teman-teman pemain berjuang sampai akhir. Itu hal yang positif," ujar pelatih asal Jepang tersebut.

Mantan pelatih tim nasional Jepang tersebut mengevaluasi timnya memang kurang tampil agresif dan menekan lawan mulai dari lini tengah. Namun Mochi, sapaan akrabnya, akan memperbaiki kelemahan tersebut jelang menghadapi Korea Utara pada pertandingan terakhir Grup A yang akan dimainkan pada Minggu (12/5).

"Cuma memang harus lebih agresif lagi untuk menekan dan merebut bola, harusnya lebih bisa tampil ngotot. Lalu kita nanti akan menghadapi Korea Utara itu jauh lebih agresif, jauh lebih cepat. Jadi harapannya nanti kita bisa lebih cepat ya dan lebih bagus lagi dalam komunikasi," ujarnya. 

"Jeda waktu dua hari sangat sulit untuk mengubah strategi, saya rasa semua menyadari perannya nanti dan harapan jauh lebih baik. Dan yang paling penting, mereka walaupun kalah dalam dua pertandingan ini, tetap semangat, tidak jatuh mentalnya dan tetap hadapi pertandingan berikutnya yang lebih baik," tutupnya.

Baca juga: Timnas Korea Utara gilas Filipina skor 6-0 di Piala Asia Putri U-17
Baca juga: Tim Jepang gasak Thailand skor 4-0


Dengan kekalahan ini membuat Claudia Scheunemann dan kawan-kawan sudah dipastikan gugur dan tidak dapat melaju ke babak semifinal karena secara matematis tak mungkin mengejar peringkat kedua grup.

Korea Utara kini telah mengoleksi enam poin dan berada di posisi puncak klasemen, diikuti Korea Selatan dan Filipina di posisi kedua dan ketiga dengan sama-sama mengoleksi tiga poin, sedangkan Indonesia sama sekali belum mendapat poin.