Listrik tanpa kedip, Balapan Hari Pertama MXGP Lombok berlangsung sengit

id PLN,NTB,MXGP 2024,Pasokan Listrik

Listrik tanpa kedip, Balapan Hari Pertama MXGP Lombok berlangsung sengit

Seorang pebalap melayang di udara saat balap hari pertama MXGP 2024 yang digelar di Sirkuit Selaparang, Lombok, NTB. (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - Gelaran Race Day 1 MXGP di Sirkuit Selaparang, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) berlangsung dengan sengit. Ribuan penonton yang hadir di sirkuit serta jutaan penggemar yang menyaksikan melalui layar kaca menyaksikan aksi-aksi memukau dari para pembalap dunia. 

Keberhasilan acara ini tidak lepas dari dukungan listrik tanpa kedip dari PLN, yang memastikan semua fasilitas dan perangkat pendukung berfungsi dengan optimal sepanjang gelaran balapan. Pada hari pertama, Sabtu (29/6), pemakaian listrik tercatat mencapai 708 kVa, meningkat signifikan dari pemakaian pada hari sebelumnya sebesar 599 kVa.

Peningkatan ini mencerminkan tingginya penggunaan perangkat listrik dalam ajang balap motorcross internasional ini. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTB telah menyiapkan berbagai langkah untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan listrik tersebut. General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo, menyampaikan bahwa persiapan untuk mendukung kelancaran acara ini telah dilakukan. 

"Kami telah melakukan berbagai langkah antisipasi, termasuk penambahan kapasitas dan pemantauan intensif selama acara berlangsung. Kami ingin memastikan bahwa kebutuhan listrik selama MXGP dapat terpenuhi tanpa ada gangguan," katanya.

Sudjarwo juga menjelaskan bahwa PLN telah menempatkan tim siaga yang bertugas memantau dan menangani jika ada kendala yang muncul secara real-time.  Tim ini bekerja selama 24 jam penuh untuk memastikan kelancaran pasokan listrik. 

"Tim kami siap siaga di lapangan, memantau setiap pergerakan pemakaian listrik secara real time untuk memberikan pelayanan terbaik. Kami memahami betapa pentingnya kelancaran pasokan listrik untuk suksesnya acara ini," ujarnya.

Dalam sesi kualifikasi di race hari pertama, pembalap Jeffrey Herlings menjadi yang tercepat di kelas MXGP setelah menuntaskan balapan 12 putaran dalam 25:09:310, sementara itu Lucas Coenen menunjukkan performa gemilang setelah menjadi yang terdepan di kelas MX2.

Kerja keras PLN UIW NTB ini mendapatkan apresiasi dari pihak penyelenggara. Mereka mengakui peran penting PLN dalam kelancaran balapan pada race hari pertama ini.  Diaz Rahmah Irhani, selaku Project Director PT Samota Enduro Gemilang, Promotor Nasional Event MXGP 2024 menyampaikan 

"Alhamdulillah, hari ini race hari pertama telah selesai, tidak ada kendala semua berjalan lancar dan hal ini tidak lepas dari dukungan luar biasa PLN dari segi kelistrikan. Luar biasa dedikasi PLN," katanya.

Diaz menambahkan keberhasilan hari ini, khususnya dalam segi kelistrikan dapat dicapai kembali pada main race yang akan digelar 30 Juni 2024. 

"Esok adalah main race dan harapan saya keberhasilan yang sudah kita capai hari ini, akan kita capai esok hari dengan semua kelancaran untuk MX2 dan MXGP. Terima kasih banyak PLN," ucapnya.

Baca juga: PLN promosikan produk UMKM di ajang MXGP 2024
Baca juga: PLN NTB memastikan siap pasok kebutuhan listrik MXGP 2024


Dengan kelancaran pasokan listrik pada Race Day 1, diharapkan main race MXGP 30 Juni 2024 dapat berjalan lancar.  PLN UIW NTB berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik demi suksesnya event internasional ini.