Kemenpar Ingin Bau Nyale Dongkrak Kunjungan Wisatawan

id BAU NYALE, LOMBOK

Kemenpar Ingin Bau Nyale Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Staf Ahli Menteri Bidang Kultural, Kementerian Pariwisata Hesti Reko Astuti didampingi Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal dan Sekda Lombok Tengah HM Nursiah, Kapolres Loteng AKBP Kholilur Rochman dan Kadis Pariwisata Lombok Tengah HL Putria.

Salah satu konsep pariwisata itu, adalah pemberdayaan masyarakat
Mataram (Antaranews.com) - Kementerian Pariwisata menginginkan penyelenggaraan Festival Pesona Bau Nyale (menangkap cacing laut) yang akan digelar di Pantai Seger, Kabupaten Lombok Tengah, 6-7 Maret 2018 dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Nusa Tenggara Barat.

"Kita bicara Festival Bau Nyale, tentu ada target kunjungan, namun seberapa jauh kegiatan itu mendatangkan kunjungan, itu yang kita dorong," kata Staf Ahli Menteri Bidang KulturaI, Kementerian Pariwisata Hesti Reko Astuti didampingi Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal dan Sekda Lombok Tengah HM Nursiah di Mataram, Kamis.

Selain mendongkrak kunjungan wisatawan baik wisatawan nusantara dan mancanegara, tidak kalah penting dari sebuah kegiatan menurut Hesti Reko Astuti, yakni pemberdayaan masyarakat.

"Salah satu konsep pariwisata itu, adalah pemberdayaan masyarakat," tegasnya.

Menurut Hesti, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sendiri telah menetapkan Festival Pesona Bau Nyale bagian dari 100 event yang ditetapkan dalam kalender tetap pariwisata Indonesia di tahun 2018.

"Di NTB sendiri ada empat yang menjadi kalender tetap event pariwisata Indonesia, Bau Nyale, Festival Tambora, Festival Lombok - Sumbawa dan Festival Moyo," sebutnya.

Untuk tahun ini, kegiatan Bau Nyale, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,5 miliar. Di mana 60 persen untuk promosi di media dan 40 persen lagi digunakan untuk kegiatan.

"Itu kebijakan yang diambil kementerian," terangnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan pemerintah menargetkan angka kunjungan wisatawan di 2018 mencapai 17 juta orang dan 20 juta wisatawan di tahun 2019. Karenanya, diharapkan melalui festival yang telah diagendakan pemerintah melalui Kemenpar target kunjungan wisatawan tersebut bisa tercapai.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal mengungkapkan ada 12 rangkaian kegiatan yang akan mengiringi Festival Pesona Bau Nyale 2018. Dimulai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dari 20 Februari sampai acara puncak pada 6 Maret 2018.

"Sejumlah acara yang disiapkan tersebut, antara lain musik, peran Mandalika travel fair, pameran, penampilan kesenian, dan sejumlah kegiatan lainnya," jelasnya.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata memberikan dukungan penuh untuk mensukseskan acara tersebut.

"Pemerintah sudah siap mendukung, karena Bau Nyale masuk event nasional," tandasnya. (*)