BUMDes Mart diharapkan memacu geliat ekonomi

id bumdes mart ,lombok utara,enam desa,produk masyarakat

BUMDes Mart diharapkan memacu geliat ekonomi

Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin SH MH meresmikan enam BUMDes Mart yang dipusatkan di Desa Gondang, Kecamatan Gangga yang ditandai dengan pengguntingan pita. Humas dan Protokol Setda KLU.

Ditetapkan lima lokasi desa yang ada di masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Utara merupakan dukungan dari Pemda Lombok Utara, sedangkan satu di Desa Gili Indah merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat
Mataram (Antaranews NTB) - Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin SH MH mengharapkan keberadaan BUMDes Mart yang kini telah dibangun di enam desa, di Kabupaten Lombok Utara dapat memacu geliat ekonimi masyarakat di bumi "Tiok Tata Tunak" (moto Kabupaten Lombok Utara).

Humas dan protokol Setda Kabupaten Lombok Utara melalui siaran pers yang diterima di Mataram, Kamis menyebutkan harapan tersebut disampaikan Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin SH MH pada launcing enam BUMDes Mart yang dipusatkan di Desa Gondang, Kecamatan Gangga.
 
Kepala Dinas  Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2KBPMD) Drs H Holidi Khalil menyampaikan proses berdirinya BUMDes Mart ini melalui kajian cukup lama oleh Universitas Mataram yang difasilitasi Bappeda Lombok Utara, sehingga diputuskan membentuk BUMDes Mart melalui kebijakan pimpinan daerah.

"Ditetapkan lima lokasi desa yang ada di masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Utara merupakan dukungan dari Pemda Lombok Utara, sedangkan satu di Desa Gili Indah merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat," katanya.

Baca juga: Bupati Harapkan Bumdes Mart Pasarkan Produk Masyarakat
Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin SH MH meninjau BUMDes Mart Desa Gondang di Kecamatan Gangga usai peresmian BUMDes Mart tersebut. Foto Humas dan Protokol Setda KLU
Melalui Surat Keputusan Bupati Lombok Utara nomor 378/2017, tertanggal 18 Oktober 2017 BUMDes Mart resmi terbentuk. Bantuan anggaran sebesar Rp300 juta masing-masing  di lima desa digunakan untuk pembangunan fisik BUMDes Mart serta sarana prasanana didalamnya.

Ia mengatakan keberadaan BUMDes Mart sebagai slah satu ikhtiar membangun ekonomi masyarakat di Kabuoaten Lombok Utara.

Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin SH MH berharap kehadiran BUMDes Mart kedepan memacu geliat ekonomi masyarakat sebagai pasar dari produk lokal serta menghargai produk lokal masyarakat.

"Saya tidak ingin masyarakat jadi penonton ditempatnya sendiri, tapi mengajak mereka sebagai produsen produk lokal sehingga memacu geliat ekonomi masyarakat," ujarnya.

Sarifudin mengatakan ke depan BUMDes Mart  bukan hanya perlu manajemen yang bagus, tetapi keterampilan pegiat usahanya perlu terus dikembangkan.

"Saya menghimbau kepada semua desa yang mengelola BUMDes Mart, mohon kiranya memasukkan produk masyarakat kita ke BUMDes Mart, contohlah daerah luar yang selalu menghargai produk masyarakatnya," katanya.

Launcing BUMDes Maart ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin SH MH didampingi Sekda KLU Drs H Suardi MH dan  pelepasan sejumlah balon udara tanda diresmikannya BUMDes Mart di Kabupaten Lombok Utara.

Acara launching BUMDes Mart antara lain dihadiri para kepala OPD lingkup Pemda Lombok Utara, Kadin, Wakapolres Lombok Utara, Perwakilan Kodim, para camat, kepala desa kades, para pelaku UKM dan pelaku usaha UKM.(*)