Emas dari anggar putra jadi motivasi bagi atlet Aceh

id Anggar Aceh,Dispora Aceh,Indra Agus Setiawan,Anggar PON,PON Aceh-Sumut 2024

Emas dari anggar putra jadi motivasi bagi atlet Aceh

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Aceh M. Nasir Syamaun (kiri) bersama atlet anggar Aceh Indra Agus Setiawan (kanan) yang merupakan peraih medali emas dari nomor sabel perorangan putra di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu malam (11/9/2024). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)

Banda Aceh (ANTARA) - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Aceh M. Nasir Syamaun mengatakan medali emas anggar Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 dari nomor sabel perorangan putra menjadi motivasi bagi para atlet yang belum bertanding pada nomor lainnya.

"Momentum emas ini tentu akan diikuti, menjadi motivasi bagi atlet-atlet yang di nomor yang lain. Nomor yang lain juga kami siapkan yang sama. Mereka bahkan berlatih sampai ke luar negeri," kata Nasir saat dijumpai usai pertandingan anggar nomor sabel perorangan putra di GOR Anggar Komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu malam.

Pada Rabu (11/9) atau hari pertama pertandingan anggar, kontingen Aceh menyabet medali emas melalui atlet Indra Agus Setiawan.

Dalam partai final, Indra melawan atlet anggar Jawa Tengah Muhammad Angga Maulana dengan selisih skor yang terpaut jauh, yakni 15-6. Indra berhasil meraih kemenangan dengan mulus sejak awal pertandingan.

Nasir mengatakan, anggar merupakan salah satu cabang olahraga yang ditargetkan bisa menyumbangkan beberapa medali emas untuk Aceh. Menurut dia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh sendiri menargetkan raihan dua medali emas untuk cabang olahraga ini.

"Tentu kami punya target secara organisasi. Tapi secara eksternal, kami sampaikan kepada KONI Aceh bahwa kami menargetkan dua emas (untuk anggar saja). Kalau lebih dari itu, artinya bonus," katanya.

Dia pun berharap, Aceh dapat meraih kemenangan besar pada PON XXI. Dengan begitu, Aceh bisa menyumbangkan kontribusinya bagi nasional hingga menembus kejuaraan-kejuaraan tingkat internasional.

Pada kesempatan yang sama, Indra mengatakan bahwa kontingen Aceh telah melakoni persiapan melalui latihan yang serius. Menurut dia, persiapan para atlet anggar juga mendapat dukungan dari Pemprov Aceh.

"Kami sebelum bertanding, ada berangkat ke Vietnam dan sparing-sparing sama orang luar negeri. Jadi inilah yang bikin kami ngangkat untuk bisa ambil emas ini," ujar dia.

Indra mengaku, ini merupakan medali emas pertama baginya pada ajang PON. Setelah menyabet medali emas pada nomor sabel perseorangan, Indra akan berlaga kembali untuk nomor sabel beregu pada Sabtu (14/9).

"Untuk beregu (sabel beregu putra) targetnya tetap emas," kata ujar Indra.

Baca juga: Jawa Timur jadi unggulan pertama nomor beregu
Baca juga: Atlet panahan Diananda: Seperti nostalgia PON Papua


Sebelumnya pada PON XX Papua, Aceh menempati peringkat kelima pada cabang olahraga anggar dengan mengumpulkan satu medali emas, satu medali perak, dan dua medali perunggu.

Cabang olahraga anggar pada PON XXI mempertandingkan 12 nomor untuk putra dan putri. Nomor untuk kategori putra antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu.

Begitu pula nomor untuk kategori putri antara lain sabel perorangan, floret perorangan, degen perorangan, sabel beregu, floret beregu, dan degen beregu. Cabang olahraga anggar pada PON XXI diikuti oleh 26 kontingen provinsi dalam pertandingan yang dijadwalkan berlangsung pada 11-16 September 2024.