Bupati Sumbawa Barat klaim berhasil tekan tingkat kemiskinan

id Bupati Sumbawa Barat

Bupati Sumbawa Barat klaim berhasil tekan tingkat kemiskinan

Dok Diskominfo Pemkab Sumbawa Barat

Mataram (Antaranews NTB) - Bupati Sumbawa Barat HW Musyafirin menyatakan Kabupaten Sumbawa Barat telah mampu menurunkan angka kemiskinan di atas satu digit yaitu 1,79 persen.

Tidak ada satupun daerah di Indonesia yang tingkat kemiskinan 15 persen, mampu menurunkan kemiskinannya di atas satu digit.

“Program-program yang kita laksanakan artinya sudah bisa menyelesaikan beberapa persoalan mendasar masyarakat di KSB,” katanya dalam acara refleksi tiga tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat di Graha Fitrah Kantor Bupati KSB, Minggu (16/2) Malam melalui laman Diskominfo Kabupaten Sumbawa Barat. Sementara itu, selama tiga tahun kinerja Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, yakni, pada 2016 dapat menuntaskan pembangunan 6.100  jamban, dan pada 2017 berhasil mengerjakan 3.017 rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu.

Kemudian capaian Indeks pembangunan manusia (IPM) tertinggi NTB dengan nilai 70,08 pada 2017, penurunan angka kemiskinan dari tahun 2016 ke 2017 sebesar 0,54 persen, dan tahun 2017 ke tahun 2018 sebesar 1,79 persen.

Angka penurunan tersebut cukup tinggi dan hampir mencapai target yang ditetapkan provinsi untuk seluruh kabupaten kota yakni sebanyak 2 persen pertahun. “Berkat semangat gotong royong, KSB juga menjadi kabupaten tercepat di NTB yang merealisasikan dana perbaikan rumah warga korban Gempa di KSB,” kata Sekda Kabupaten Sumbawa Barat HA Azis.