PDIP OPTIMISTIS TAUFIQ KIEMAS JADI KETUA MPR

id

Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI optimistis Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDIP Taufiq Kiemas memiliki peluang besar menduduki kursi Ketua MPR periode 2009-2014.

Ditemui di Jakarta, Selasa, Tjahjo Kumolo mengatakan, PDI Perjuangan telah melakukan komunikasi dengan sejumlah partai untuk melobi agar Taufiq Kiemas bisa menjadi Ketua MPR.

"Kami berharap semua fraksi di MPR akan mendukung Pak Taufiq," kata Tjahjo di sela rapat paripurna DPR di gedung DPR Senayan Jakarta.

Dikatakannya, keinginan agar Taufiq Kiemas menjadi Ketua MPR periode 2009-2014 justru datang dari Partai Demokrat dam PDI Perjuangan menyambut positif permintaan tersebut.

Pada rapat pimpinan partai, katanya, Ketua Umum PDI Pejuangan, Megawati Soekarnoputri, juga mendukung keinginan agar Taufiq menjadi Ketua MPR.

Dikatakannya, pimpinan PDI Perjuangan termasuk Taufiq Kiemas terus melakukan komunikasi dengan pengurus partai lainnya agar jalan menuju kursi Ketua MPR menjadi lebih mudah.

Menurut dia, Ketua Umum Partai Demokrat Hadi Utomo didampingi Ketua F-PD DPR Syarif Hasan sudah bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di kediamannya, Jalan Tengku Umar Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, kata dia, Partai Demokrat menyatakan niatnya akan mendukung Taufiq Kiemas menjadi Ketua MPR.

Dikatakannya, Sekjen PDI Perjuangan Pramono Anung didampingi dirinya juga sudah bertemu dengan Sekjen Partai Demokrat membicarakan persoalan yang sama.

Taufiq Kiemas, Pramono Anung, dan Tjahjo Kumolo juga sudah bertemu secara resmi dengan pimpinan Partai Golkar yakni Ketua Umum Jusuf Kalla didampingi sejumlah pengurus DPP Partai Golkar.

"Tadi malam pimpinan PDIP juga sudah bertemu pimpinan PKB membahas persoalan yang sama," katanya.

Pimpinan PDI Perjuangan, katanya, juga akan bertemu dengan pimpinan partai lainnya PKS, PPP, maupun pimpinan DPD.

Ditanya soal PKS yang mengusung nama Hidayat Nur Wahid, menurut Tjahjo, silakan saja, karena jabatan Ketua MPR adalah hak semua partai.

Menurut dia, PDI Perjuangan juga telah memetakan figur pada bursa calon Ketua MPR, selain nama Taufiq Kiemas juga ada nama Hidayat Nur Wahid dan Ginandjar Kartasasmita.

Ketika ditanya PKS juga mengklaim didukung Partai Demokrat, menurut dia, silahkan saja. PDI Perjuangan berpegangan pada hasil pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat dan Ketua Umum PDI Perjuangan.

"Kami tidak perlu konfirmasi pada PKS, tapi memegang komitmen pada hasil pembicaraan antara Ibu Megawati dan Pak Hadi Oetomo," katanya. (*)