DIVISI TELKOM FLEXI REGIONAL JATIM, BALI & NUSRA LAUNCHING FLEXI NOKIA 1508 CDMA

id

Pencapaian pelanggan Flexi sampai dengan November 2009 secara Nasional 15,5 Juta pelanggan dengan posisi market flexi terbesar ada di Jawa Timur sebesar 5,5 Juta pelanggan semakin mengokohkan posisi Flexi sebagai CDMA terbesar di Indonesia.

Seiring dengan pertumbuhan pelanggan ,  Flexi tidak lagi hanya untuk layanan Voice dan SMS tetapi sudah mulai meningkat secara signifikan untuk akses internet melalui Flexinet. Sejak diluncurkannya Flexinet Unlimited Rp.2500/hari, atau Rp.15.000/minggu atau Rp. 50.000/bulan, jumlah pelanggan Flexi net saat ini adalah 300.000 pelanggan dan 30.000 ada di Jawa Timur. Tahun 2010 pelanggan Flexinet diharapkan bisa mencapai 1,5 juta pelanggan.

Untuk memenuhi pasar Voice, data dan Internet, Flexi menggandeng berbagai macam principle handset CDMA mulai dari Low End sampai High End. Sebagai implementasi rencana tersebut maka hari ini, Rabu 23 Desember 2009,  Flexi menggandeng NOKIA untuk menawarkan kepada masyarakat varian HP NOKIA 1508 CDMA yang sudah dilengkapi dengan modem internet.

Soft Launching produk dilakukan di Cafe Cayote, TP 1 Lantai 8 yang dihadiri langsung oleh Executive General Manager Telkom Flexi Indonesia, Bpk Triana Mulyatsa, dan seluruh Authorize Dealer Flexi di Area Commerce V Jatim, Bali dan NUSRA.

Handset Flexi NOKIA 1508 CDMA memiliki spesifikasi sebagai berikut :

 Phone book  500

 Include Modem Internet Access

 FM Radio

 Customisable ringing tones

 Handsfree speakerphone

 Voice recorder

 Nokia Headset

 Preloaded games

 Calender, stopwatch, timer and alarm clock

Paket ini akan mendapatkan berbagai keuntungan antara lain Free Kabel Data senilai Rp. 200.000,-, Free Staterpack Flexi, Free Unlimited Akses Internet selama 2 minggu, FreeTalk kemana saja nilai Rp.50.000,-. Produk bundling ini mulai akan dipasarkan mulai 1 Januari di berbagai  outlet parastar di Jawa Timur, Bali dan NUSRA.

“Tahun 2010, Flexi mentargetkan 18 Juta pelanggan Flexi di Indonesia, dan 8 juta di Regional Jatim, Bali dan NUSRA “ Kata Triana Mulyatsa, Executive General Manager Telkom Flexi Indonesia di dampingi oleh Suparwiyanto, General Manager Regional Jatim, Bali dan NUSRA . “Untuk pencapaian target tersebut Flexi telah bekerjasama dengan 10 principle handset untuk bundling handset, menyiapkan 30 Feature baru Flexi yang akan memanjakan pelanggan Flexi dengan berbagai variasi layanan seperti Flexi Hybrid, Flexinet berbasis EVDO, Push to talk, flexi payment dan masih banyak lagi lainnya”, lanjut Triana atau biasa dipanggil dengan Pak TM.

Triana Mulyatsa menegaskan pula bahwa Telkom sangat focus untuk mengembangkan Flexi menjadi lebih besar lagi dengan memperkuat network Flexi, mempeluas coverage melalui pembangunan dan penyebaran 2000 BTS.  Focus lainnya dari Flexi di Tahun 2010 adalah Content, hasil survey di potensial market membutuhkan Handset yang low end dengan customized content, sehingga ke depan apapun jenis handset CDMA, pelanggan dapat memilih content sesuai kebutuhan, akan lebih variatif dan pelanggan dapat merubah content tersebut setiap waktu.

Triana Mulyatsa menambahkan informasi tentang program-program Flexi bahwa saat ini sampai dengan akhir februari 2009 sedang berlangsung program Bulan C’rita Flexi  Rp.300,- sepuasnya selama pukul 23.00 wib s.d 09.00.

Untuk wilayah Madura Area, Jember-Bondowoso-Tanggul, Tulungagung-Trenggalek-Blitar, Ponorogo-Magetan-Ngawi-Madiun, Bali Area, Lombok Area, Sumbawa Area, Timor Area diterapkan single pricing untuk lokal dan SLJJ 01017 dengan tarif Rp.49/menit.

II. ANTISIPASI LONJAKAN, FLEXI UPGRADE SERVER JADI 3,4 TERABYTES

Dengan meningkatnya trend penggunaan internet serta antisipasi lonjakan trafik data pada libur panjang akhir tahun ini, Flexi wilayah Jawa Timur meningkatkan kapasitas alat produksi untuk melayani data.

“Saat ini kapasitas server PDN (Packet Data Network) Flexi Jatim sudah diupgrade dari 8.000 koneksi secara bersamaan (concurrence) menjadi 16.000, dimana berdasarkan  kapasitas ditingkatkan dari 1,7 Terabyte menjadi 3,4 Terabytes”  kata Ketut Budi Utama, GM Network Telkom Flexi Jawa Timur.

Dijelaskan oleh Ketut bahwa penambahan ini untuk mengantisipasi   pengguna Flexinet di Jawa Timur yang belakangan meningkat signifikan terutama sejak Flexinet unlimited diluncurkan. Trafik Flexinet meningkat 4 kali lipat dibandingkan 3 bulan lalu sebelum Flexinet unlimited diluncurkan, tandas Ketut.

Disamping menambah kapasitas jaringan data Flexinet, Flexi juga menambah jumlah BTS (Base Transceiver Station) di inner-city Surabaya. Saat ini terdapat lebih dari 500 bts flexi di inner city Surabaya dengan kemampuan melayani 1,2 juta pelanggan, tambah Ketut seraya menambahkan bahwa untuk mengantisipasi  lonjakan SMS di hari Natal dan Tahun Baru 2010, Flexi Jawa Timur menyiapkan SMSC (SMS Center) dengan kemampuan 8 juta SMS per jam.

Rata-rata SMS hari normal tercatat 3 juta SMS/jam dan pengalaman Hari Raya Idul Fitri kemarin naik 2.5 kali lipat, terang Ketut.

Untuk kemudahan mobilitas, Flexi Jawa Timur menyediakan 1,1 juta nomor anak combo sehingga pengguna Flexi bisa nyaman menggunakan layanan Flexi combo selama berada di Jawa Timur, terlebih kini sudah diluncurkan fitur kemudahan combo dengan hanya menekan *777 call di kota tujuan.

Dengan kapasitas infrastruktur yang sudah dibangun serta pengalaman mengelola traffik liburan Hari Raya Idul Fitri lalu yang hampir tidak ada kendala sama sekali, Flexi Jawa Timur yakin siap melayani pengguna Flexi untuk menutup tahun 2009 ini.

 

Surabaya, 23 Desember 2009

Divisi Telkom Flexi

Regional JATIM, Bali & NUSRA



SUDARYADI

Manager Sales & Promotion