Festival Bau Nyale pembuka kalender pariwisata NTB menyambut MotoGP

id Festival Bau Nyale,MotoGP,MotoGP Mandalika,KEK Mandalika,MotoGP 2021,NTB,Lombok,Sirkuit Mandalika,Pariwisata NTB

Festival Bau Nyale pembuka kalender pariwisata NTB menyambut MotoGP

Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Moh Faozal (tengah). (ANTARA/Nur Imansyah).

Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Festival Bau Nyale yang akan dilaksanakan pada 14-15 Februari 2020 merupakan salah satu agenda pemanasan dan pembuka pada awal tahun, menuju Road to Mandalika MotoGP 2021.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Moh Faozal, Jumat mengatakan kegiatan Festival Bau Nyale (menangkap cacing laut) menjadi salah satu kegiatan untuk meraih target kunjungan juta wisatawan ke NTB pada 2020.

"Wonderful Event Festival Pesona Bau Nyale, telah masuk dalam agenda Nasional 'Calender of Event Lombok Sumbawa 2020', sehingga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan turis mancanegara maupun domestik," ujarnya di Lombok Tengah.

Menurut Faozal, rangkaian Festival Bau Nyale 2020 yang dipusatkan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika ini, memiliki beberapa agenda. Di antaranya photo contes, perisean, pelatihan Mandalika go to shcoel, dialog creatif, kampung kuliner dan pada malam puncak ada pemilihan Putri Mandalika dan hiburan rakyat.

"Selain itu, di lokasi kegiatan juga akan disediakan khusus tempat untuk para UKM menyajikan produk terbaiknya," terangnya.

Assisten II Setda Lombok Tengah H. Nasrun menyatakan kesiapan pPemkab Lombok Tengah menyambut Festival Bau Nyale 2020. Namun demikian ia berharap Kerjasama dan sinergi dari semua pihak untuk ikut menyukseskan event budaya tahunan yang telah menjadi icon masyarakat Lombok itu.

"Kepada seluruh masyarakat Lombok Tengah dan NTB, mari kita sukseskan avent Nasional ini, sebagai langkah menuju MotoGP Mandalika 2021," ujarnya.

Ia juga mengakui selama ini, Festival Bau Nyale setiap tahun selalu digelar di pantai Seger. Namun khusus tahun ini, kata Nasrun dipusatkan di KEK Mandilika karena akses transportasi menuju pantai Seger sedang tahap kontruksi untuk persiapan MotoGP 2021.

Pemerintah secara resmi telah menetapkan tanggal 14-15 Februari 2020 sebagai tanggal pelaksanaan Festival Pesona Bau Nyale tahun 2020. Hal ini berdasarkan Sangkep Warige yang telah digelar para pemangku adat Sasak beberapa waktu lalu di desa adat Sasak Ende Sengkol Pujut, Lombok Tengah.