Gubernur Apresiasi Keberhasilan Kota Mataram

id Gubernur NTB

Gubernur Apresiasi Keberhasilan Kota Mataram

Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi (Ist)

Saya meyakini, program-program yang telah dilaksanakan bertujuan untuk mengoptimalkan berbagai potensi termasuk keunikan dan kearifan lokal yang dimiliki oleh daerah masing-masing
Mataram,  (Antara) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, sangat mengapresiasi berbagai keberhasilan dan inovasi program pembangunan yang lahir di setiap entitas pemerintahan kabupaten/kota, salah satunya Kota Mataram.

"Saya meyakini, program-program yang telah dilaksanakan bertujuan untuk mengoptimalkan berbagai potensi termasuk keunikan dan kearifan lokal yang dimiliki oleh daerah masing-masing, sebagai sumber kekuatan untuk mewujudkan cita-cita pembangunannya," kata Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh pada Upacara peringatan HUT Kota Mataram ke-21 di Mataram, Minggu.

Gubernur mengatakan, sebagai ibu kota provinsi dan kota administratif pertama di Provinsi NTB, pertumbuhan Kota Mataram terasa berbeda dengan daerah lainnya. Serta mampu melaksanakan berbagai program pembangunan.

Sehingga, pembangunan fisik telah mengubah wajah kota ini menjadi lebih dinamis dan lebih modern. Bahkan saat ini, kondisi kota yang semakin ramai seakan menegaskan bahwa kota ini telah menjadi tempat tujuan para pendatang.

"Baik yang ingin sekedar berwisata, melanjutkan pendidikan atau mencari penghidupan yang lebih baik," katanya.

Sehingga, katanya lagi, tidaklah mengherankan, jika Kota Mataram tumbuh menjadi kota multikultur. Dimana warganya hidup bersama dalam kebhinekaan.

"Alhamdulillah, menjadi kesyukuran kita, bahwa keragaman kultur tersebut tidak menjadi halangan bagi pelaksanaan proses pemerintahan dan pembangunan di kota ini," katanya.

Sebaliknya, hal itu menjadikannya semakin kuat, semakin mandiri, semakin maju, serta masyarakatnya semakin dewasa dan toleran. Kondisi Kota Mataram yang stabil dan kondusif ini, mengukir harapan, bahwa kota ini dapat tumbuh semakin maju dan sejajar dengan ibu kota provinsi lainnya di nusantara.

Dalam kesempatan itu gubernur mengatakan, kepercayaan, dukungan dan sinergi dari pemangku amanah beserta seluruh warga Kota Mataram, telah mampu mengantarkan daerah ini meraih puluhan prestasi.

Dengan modal program dan capaian yang telah berhasil diraih, maka ke depan segenap jajaran Pemerintah Kota Mataram, memiliki peluang dan kekuatan serta yang terpenting kepercayaan diri dan kepercayaan masyarakat untuk mewujudkan seluruh harapan kesejahteraan.

Ia mengatakan, mewujudkan seluruh harapan kesejahteraan tercermin pada tema hari jadi Kota Mataram tahun 2014 ini yaitu dengan semangat hari jadi ke-21 Kota Mataram, kita wujudkan optimalisasi peran pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan sumberdaya manusia, menuju terwujudnya Kota Mataram yang maju, religius dan berbudaya.

Menurut gubernur, tema itu bukanlah sebatas goresan retorika cita-cita semata, melainkan rangkaian tekad kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja nyata, dari seluruh aparatur Pemerintahan Kota Mataram.

"Untuk memastikan pencapaian cita-cita tersebut, pada momentum perayaan hari jadi Kota Mataram ini, saya mengajak seluruh warga NTB, khususnya warga kota mataram, untuk senantiasa bersyukur atas kemajuan kota yang kita cintai ini," katanya.

Oleh karena itu, mari kita wujudkan kesyukuran tersebut, dalam bentuk dukungan kepada pemerintah, dalam melaksanakan program-program pembangunan di kota ini. Termasuk senantiasa mengikhtiarkan yang terbaik dalam kapasitas masing-masing sebagai warga Kota Mataram.

"Mari kita berikan kemampuan terbaik, kita optimalkan potensi diri, yang akan menjadikan diri kita berharga dan berarti bagi masyarakat, daerah, bangsa, dan agama," pinta gubernur dalam sambutan tertulisnya.

Puncak peringatan HUT Kota Mataram ke-21 itu berlangsung di Lapangan Sangkareang, Kota Mataram. Dihadiri oleh Wakil Gubernur NTB HM Amin, Ketua DPRD Provinsi NTB, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah NTB, Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana, jajaran pimpinan dan anggota DPRD Kota Mataram, mantan wali kota, jajaran kepala SKPD Kota Mataram, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat serta ribuan pegawai dilingkup Pemerintah Kota Mataram dapat berjalan lancar dan aman.