Petarung Indonesia Eko Roni tak butuh waktu lama tekuk petarung Kamboja

id Eko roni saputra, one championship, mma

Petarung Indonesia Eko Roni tak butuh waktu lama tekuk petarung Kamboja

Petarung One Championship asal Indonesia Eko Roni Saputra (kiri) meraih kemenangan atas wakil Kamboja Khon Sichan di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (7/2/2020). ANTARA/Bayu Kuncahyo

Jakarta (ANTARA) - Petarung Indonesia Eko Roni Saputra memenuhi janjinya untuk mengalahkan wakil Kamboja, Khon Sichan pada kejuaraan tarung bebas (MMA) bergengsi One Championship 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat.

Pada laga kelas Flyweigth kejuaraan dengan tajuk One: Warrior's Code tersebut, petarung asal Kalimantan Timur itu tidak membutuhkan waktu lama untuk meraih kemenangan. Cukup tiga menit 45 detik bagi Eko untuk menjadi yang terbaik.

Bagi petarung yang memiliki disiplin bela diri gulat ini, kemenangan di Istora Senayan ini adalah yang kedua dari tiga pertandingan yang telah dijalani. Kemenangan ini dinilai Eko cukup berharga karena target main cepat juga bisa terealisasi.

Petarung yang membela Indonesia pada Asian Games 2018 pada cabang olahraga gulat itu mengatakan kunci kemenangan atas Khon Sichan buah dari kerja keras saat latihan dan mempelajari karakter permainan lawan.

"Strategi yang saya siapkan cukup banyak, termasuk bermain bawah. Saya kan punya basic gulat. Itu yang saya maksimalkan," kata Eko Roni usai pertandingan.

Selama menjalani latihan di Singapura, bapak satu anak ini mendapatkan materi latihan maksimal berikut memperdalam cabang bela diri lain yang bisa menopang kariernya di ajang MMA internasional seperti muaythai, tinju hingga jiujitsu.

Meski mampu menang cepat Eko mengaku belum puas. Menurutkan masih banyak hal yang harus diperbaiki, sebab pertarungan ke depan diprediksi bakal jauh lebih ketat dan berat.

"Dengan permainan yang ketiga ini saya belum puas. Saya akan mengoreksi diri setelah pertarungan ini," kata Eko Roni.

Selain hasil kerja keras, kemenangan kedua yang diraih di Istora Senayan menurut Eko adalah berkah dukungan dari keluarga. Keluarga dinilai sebagai motivasi terbesar dalam menekuni kejuaraan tarung bebas internasional.

"Selama ini keluarga adalah motivasi terbesar saya. Dukungan mereka sangat besar. Terutama istri saya," tutur kata Eko.