Dinkes Sumbawa Barat simulasi penanganan COVID-19

id Covid-19,Corona,Dinkes,KSB,NTB

Dinkes Sumbawa Barat simulasi penanganan COVID-19

Dok.

Taliwang (ANTARA) - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), HM Yusfi Khalid, meminta seluruh tenaga kesehatan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) harus tahu cara penanganan virus COVID-19 yang kini telah menjangkit warga di Indonesia. 

"Dalam menangani virus corona ini semua tenaga kesehatan harus tau cara penanganannya, sehingga nantinya tidak lagi bingung apa penanganan awalnya," katanya dalam acara Simulasi penanganan virus VOVID-VOVID-19 di Dinas Kesehatan yang melibatkan tenaga seluruh tenaga surveylans yang akan menangani kasus tersebut, Jumat.

Simulasi penanganan pasien suspect virus COVID-19 dilakukan untuk  sosialisasi agar para tenaga kesehatan baik di RSUD maupun Puskesmas paham dan mengerti langkah-langkah yang dilakukan apabila ada warga masyarakat yang terdampak.

HM Yusfi juga mengajak masyarakat untuk tidak panik menghadapi isu virus COVID-19 yang telah masuk dan menjangkit warga Indonesia. Menurutnya virus dapat menular saat daya tahan tubuh menurun drastis. 

Dia juga mengatakan, penggunaan masker yang berlebihan sebaiknya tidak dilakukan, karena yang menggunakan masker itu hanya orang sakit atau dalam perawatan medis.

Lebih lanjut Yusfi juga menyampaikan, Walaupun RSUD Asy-syifa bukan Rumah Sakit rujukan, tetapi jika terdapat pasien yang terdampak Corona masih bisa ditangani di RSUD tersebut.

"Pihak RSUD Asy-syifa sudah menyediakan ruangan khusus bagi pasien yang diperkirakan terpapar virus Corona," katanya.