Kapolda NTB memastikan anggotanya disiplin protokol kesehatan

id kapolda ntb,disiplin protokol covid-19,sidak anggota,penggunaan masker

Kapolda NTB memastikan anggotanya disiplin protokol kesehatan

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal ketika memasangkan masker kepada anggotanya yang lalai menerapkan protokol kesehatan, di kantin Mapolda NTB, Rabu (19/8/2020). (ANTARA/HO/Humas Polda NTB)

Mataram (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat Irjen Pol Mohammad Iqbal memastikan anggotanya disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

"Kami berada di depan dalam mendisiplinkan masyarakat, sehingga saya harus yakin dulu bahwa saya dan teman-teman saya jajaran Polda NTB juga mematuhi protokol kesehatan, agar patut diandalkan," kata Iqbal di Mataram, Rabu.

Dalam upaya pendisiplinan itu, Iqbal pada Rabu pagi didampingi anggota provost melakukan inspeksi mendadak di lingkungan kerja Polda NTB.

Inspeksi dilakukan mulai dari gerbang masuk markas komando yang berada di Jalan Langko, Kota Mataram, pelayanan publik, sampai dalam ruangan kerja anggota. Kantin dan ruang tahanan juga tidak lepas dari pemeriksaannya.

Alhasil, ketika menyambangi kantin Polda NTB yang berada di tengah areal, Kapolda NTB menemukan tiga anggotanya yang berpangkat bintara tidak mengenakan masker.

Iqbal yang mendatanginya bersama anggota provost langsung memberikan hukuman disiplin berupa "push-up". Selanjutnya, Kapolda NTB memasangkan masker baru dengan menceramahi mereka agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Menurut Iqbal, sanksi sosial patut diberikan kepada mereka yang lalai terhadap protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19. Hal itu menjadi bagian upaya menyelamatkan diri dari ancaman penularan COVID-19.

"Sebenarnya penindakan ini kan untuk keselamatan mereka. Karena melanggar, kami tindak, sanksi yang diberikan 'push-up', bisa juga lari, atau bahkan bisa juga kami terapkan sidang disiplin, kalau dia masih bandel," ujarnya.

Pendisiplinan protokol kesehatan di internal kepolisian ini, menurut dia, telah menjadi perintah kepada seluruh jajaran. Pengawasan akan terus digalakkan oleh anggota provost yang berada di bawah divisi profesi dan pengamanan (propam).

"Jadi tegas saya perintahkan, agar patroli dilakukan setiap hari. Apalagi sudah ada fasilitas kendaraan khusus patroli. Patrolinya mulai dari aktivitas di luar ruangan dan di ruang kerja serta pelayanan publik," ucap Iqbal.